ANALISIS TEBAL LAPISAN PONDASI PERKERASN JALAN SIMPANG SILANGIT MUARA KABUPATEN TOBA DENGAN MENGGUNAKAN METODE AASHTO 2001

Authors

  • Riusman Hura Universitas Asahan
  • Junaidi Siahaan Universitas Asahan

Abstract

Infrastruktur adalah pilar utama dalam menjalankan ekonomi Masyarakat. Infrasturktur jalan khususnya daerah Toba memiliki peranan penting untuk meningkatkan konektivitas antar-daerah setempat yang bisa membantu meningkatkan ekonomi, pendidikan hingga pariwisata yang ada di daerah Toba. Jalan simpang Silangit Muara adalah sebuah jalur yang menghubungkan berbagai desa di Kabupaten Toba. Jalur ini memiliki lebar yang terbatas dan melibatkan variasi dalam topografi jalan yang naik turun. Kondisi ini menciptakan kesulitan dalam hal akses masuk dan keluar dari desa-desa di sekitarnya. Dalam upaya untuk memperbaiki situasi di Jalan simpang Silangit Muara, perlu dilakukan perencanaan yang mempertimbangkan ketebalan lapisan perkerasan jalan raya, dengan mempertimbangkan aspek-aspek seperti muatan kendaraan, keadaan cuaca, jenis bahan perkerasan, usia rencana, dan aspek-aspek lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perhitungan tebal lapisan perkerasan jalan simpang silangit muara kabupaten toba dengan metode AASHTO 2001. Dari hasil analisis metode AASHTO diperoleh lapisan permukaan menggunakan laston dengan tebal 13 cm, lapisan pondasi atas menggunakan batu pecah kelas A dengan tebal 15 cm dan lapisan pondasi bawah menggunakan sirtu/pitrun kelas A dengan ketebalan 30 cm.

References

B, Istianto., (2019). “Transportasi Jalan di Indonesia Sejarah

dan Perkembangannya,†Melvana Publishing, Depok, Jawa Barat

Kementrian, P. U. P. R. (2021). “Buku Informasi Statistik

Infrastruktur PUPR 2021â€. Pusat Data Dan Teknologi Informasi

(PUSDATIN).

P, R, Nahak., Cahyo, Y., and Winarto, S., (2019). “Studi

Perencanaan Tebal Perkerasan Konstruksi Jalan Raya Pada Ruas

Jalan Umasukaer Di Kabupaten Malakaâ€. JURMATEKS, Vol. 2, No.

, 75-85

D, N, Wulansari., (2018). “Analisis Tebal Perkerasan Lentur

Menggunakan Metode Analisa Komponen Dan Metode AASHTO

Pada Ruas Jalan Nagrak Kabupaten Bogorâ€, Jurnal Kajian Teknik

Sipil, Vol. 3, No. 1, 22-31

AASHTO (1993), “AASHTO Guide for Design of Pavement

Structuresâ€, Washington DC.

Downloads

Published

2024-05-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS TEBAL LAPISAN PONDASI PERKERASN JALAN SIMPANG SILANGIT MUARA KABUPATEN TOBA DENGAN MENGGUNAKAN METODE AASHTO 2001. (2024). Jurnal Bidang Aplikasi Teknik Sipil Dan Sains (BATAS), 3(2), 1-13. https://jurnal.una.ac.id/index.php/batas/article/view/4328