Penerapan Metode Pembelajaran Hybrid Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pemrograman Berorientasi Objek

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.36294/jurti.v8i2.4602

Kata Kunci:

Hybrid Learning, Pemrograman berorientasi objek

Abstrak

Penelitian ini berfokus pada rendahnya pemahaman mahasiswa terhadap konsep Pemrograman Berorientasi Objek, yang disebabkan oleh kurang efektifnya metode pembelajaran yang diterapkan oleh dosen, sehingga mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur sejauh mana penerapan metode Hybrid Learning dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi-eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, dan data diperoleh melalui pre-test dan post-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa uji independent sample t-test menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 (0,000 < 0,05), yang menandakan adanya perbedaan signifikan antara rata-rata hasil post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai t-hitung sebesar 6,147 dengan df 54 juga memperkuat temuan ini. Dengan demikian, penerapan metode Hybrid Learning terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Pemrograman Berorientasi Objek.

Biografi Penulis

  • Gregorius Rinduh Iriane, STIKOM Uyelindo Kupang
    Teknik Informatika, STIKOM Uyelindo Kupang
  • Petrus Katemba, STIKOM Uyelindo Kupang
    Teknik Informatika, STIKOM Uyelindo Kupang

Referensi

Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian:Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta

Hendrayati, H., & Pamungkas, B. (2016). Implementasi Model Hybrid Learning Pada Proses Pembelajaran Mata Kuliah Statistika Ii Di Prodi Manajemen Fpeb Upi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2). https://doi.org/10.17509/jpp.v13i2.3430

Horn, M. B., Staker, H., & Christensen, C. M. (2014). Blended: Using Disruptive Innovation to Improve Schools. 304.

Kaur Manjot (2013).‘Blended Learning – Its Challenges and Future’, Procedia Social and Behavioral Science, 93, hal 612-613

Rahmawati D, (2013). Penerapan Metode Pembelajaran Hybrid Learning dalam peningkatan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran PPKN di SMAN 1 Belitang.[Skripsi] Pendidikan Pacasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Sugiyono (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Sudarman. (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran Blended Learning Terhadap Perolehan Belajar Konsep dan Prosedur pada Mahasiswa yang Memiliki Self-Regulated Learning Berbeda. Pendidikan dan pembelajaran, 21 (1): 107-117

Tsai, A. (2011). A Hybrid, E-Learning Model Incorporating Some of The Principal Learning Theories.

Vaughan, N. (2007). Perspectives on blended learning in higher education. International Journal on E-Learning, 6(1), 81–94.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-21

Terbitan

Bagian

ARTICLES