PENGARUH METODE KARYA WISATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI BERTEMA KEINDAHAN ALAM

Penulis

  • Rehu Lina Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan
  • Putri Juwita Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.36294/jkb.v9i2.2181

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa belum terampil dalam menulis puisi. Hal ini terlihat dari masih rendahnya keterampilan menulis puisi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui bagaimana kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMK Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2020/2021. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMK Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2020/2021. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengunaan metode pembelajaran karya wisata terhadap keterampilan menulis siswa puisi siswa, hal ini terlihat bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima pada  taraf signifikan 95% dan dk = n1+n2-2 karena thitung > ttabel (2,24 > 1,72).

Referensi

Arikunto, S. 2010. Eksplanasi Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. 2002. Starategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Melyasa. 2005. Menjadi guru profesiona. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H. G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Kemampuan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Waldoyo, M. S. 2010. Teknik Menulis Puisi “Panduan Menulis Puisi Untuk Siswa, Mahasiswa, Guru, dan Dosenâ€. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wardoyo. 2013. Pengertian Puisi. http://repository.ump.ac.id.

Unduhan

Diterbitkan

2021-10-15

Terbitan

Bagian

Articles