EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAMES TOUR NAMENT) BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Authors

  • Kamilah Mansyur
  • Anim Anim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat keefektifan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) berbantuan aplikasi wordwall ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa pada MAS Teladan Ujung Kubu T.A 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan design penelitian two group pretest-posttes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI. Adapun sampel penelitian yang digunakan yaitu 2 kelas (kelas XI IPA-2 dan kelas XI-IPS1). Pada kelas XI IPS-1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel pada penelitian tersebut ditentukan dari sekolah (purposive sampling). Sebelum diberikan pengajaran, terlebih dahulu diberikan pretest kepada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 56,4 dan kelas kontrol 46,4. kemudian setelah dilakukan pengajaran masing–masing diberikan posttest dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 80,96 dan kelas kontrol 69,93. sehingga diperoleh data uji normalitas yaitu  dengan homogenitas  setelah itu dillakukan uji hipotesis dari penelitian ini yaitu  Maka  diterima yaitu terdapat keefektifan yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran Team Games Tournament ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa MAS Teladan Ujung Kubu.

Downloads

Published

2025-07-26

Issue

Section

Articles