PERANAN PSIKOLOGI DALAM PROSES PERKULIAHAN MAHASISWA DI KAMPUS
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan psikologi dalam proses perkuliahan mahasiswa di kampus. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literature (library research), dimana pembahasan pada penelitian ini didasarkan pada pendapat-pendapat ahli dan hasil-hasil penelitian terdahulu tentang psikologi dan proses pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa dosen dalam menjalankan perannya sebagai pendidik bagi peserta didiknya, tentunya dituntut   memahami   tentang berbagai aspek perilaku dirinya maupun perilaku orang-orang yang terkait dengan    tugasnya, terutama perilaku peserta didik dengan segala aspeknya, sehingga dapat menjalankan   tugas dan perannya secara efektif, yang pada gilirannya dapat memberikan kontribusi nyata bagi pencapaian tujuan pendidikan di kampus/universitas. Dengan memahami karekteristik mahasiswa maka dosen akan menjadi bijak dalam menyiapkan media pembelajaran, proses belajar mengajar itu sendiri, bahkan dalam memberikan penialaian.
Â
Kata kunci: psikologi, pendidikan, pembelajaran
Referensi
Bruner, J. 1985. Vygotsky: An historical and conceptual perspective. Culture, communication, and cognition: Vygotskian perspectives, 21-34. London: Cambridge University Press.
Driscoll, M.P. 2007. Psychology of Learningfor Instruction. Boston: Allyn and Bacon.
Jamaris Martini, 2013. Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Ngalim Purwanto, 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Safwan Amin, 2005. Pengantar Bimbingan dan Konseling. Banda Aceh: Yayasan Pena.
Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Supriadi, 2006. Psikologi Pendidikan, (Online), (http://andragogi.com, diakses 28 Maret 2018).
Suryabrata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.