PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA

Penulis

  • Syahriani Sirait Universitas Asahan
  • Elfira Rahmadani Universitas Asahan
  • Ely Syafitri Universitas Asahan
  • Anim Anim Universitas Asahan
  • Mapilindo Mapilindo Universitas Asahan
  • Nur Izzayu Universitas Asahan
  • Putri Andini Universitas Asahan

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh CTL berbasis etnomatematika terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD N 010246 Banjar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB yang diambil secara cluster random sampling. Pada sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran CTL dan pada kelas 5B sebagai kelas kontrol menggunakan metode ekspositori. Keefektifan model CTL diukur dengan menggunakan tes. Tes kemampuan literasi numerasi menggunakan tes berbentuk uraian dan memiliki reliabilitas dengan kategori tinggi 0,81. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa siswa yang di ajarkan dengan menggunakan model CTL lebih baik dibandingkan dengan siswa yang di ajar dengan menggunakan metode ekspositori. Hal ini ditunjukkan oleh thitung(2,10)> ttabel(1,68) pada taraf signifikan a = 0,05. Karena thitung> ttabel maka hipotesis diterima.

 

Kata Kunci : Contextual teaching and learning (CTL), Literasi Numerasi

Referensi

Alhikmah, R.N. (2019) ‘Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Etno Matematika terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Rangsang’. Universitas Islam Riau.

d’Ambrosio, U. (1985) ‘Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics’, For the learning of Mathematics, 5(1), pp. 44–48.

Dantes, N. and Handayani, N.N.L. (2021) ‘Peningkatan literasi sekolah dan literasi numerasi melalui model blanded learning pada siswa kelas v sd kota singaraja’, Widyalaya: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), pp. 269–283.

Hidayati, N. and Abdullah, A.A. (2021) ‘Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Bambanglipuro’, Jurnal Tadris Matematika, 4(2), pp. 215–224.

Kusumawardani, D.R., Wardono and Kartono (2018) ‘Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika’, Prisma, 1(1), pp. 588–595.

OECD (2019) ‘Programme for International Student Assessment (PISA)’, pp. 1–10.

OECD (2017) (no date) ‘PISA PISA for Development Assessment and Analytical Framework’.

Panjaitan, A.M. and Hasibuan, E.A. (2018) ‘Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 10 Padangsidimpuan’, EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 3(2).

Rachmawati, I. (2012) ‘Eksplorasi etnomatematika masyarakat Sidoarjo’, Ejournal Unnes, 1(1), pp. 1–8.

Sari, M.Z., Fitriyani, Y. and Gunawan, I. (2022) Strategi belajar mengajar. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Subakti, H. et al. (2021) Inovasi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Wahyudin, W. (2018) ‘Etnomatematika Dan Pendidikan Matematika Multikultural’.

Wahyuni, A., Tias, A.A.W. and Sani, B. (2013) ‘Peran etnomatematika dalam membangun karakter bangsa’, in Makalah Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Prosiding, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta: UNY, pp. 112–118.

Widiantari, N.K.K., Suparta, I.N. and Sariyasa, S. (2022) ‘Meningkatkan Literasi Numerasi dan Pendidikan Karakter dengan E-Modul Bermuatan Etnomatematika di Era Pandemi COVID-19’, JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), pp. 331–343.

Diterbitkan

2022-11-29