UPAYA MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA PGSD MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Authors

  • Sukriadi Hasibuan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Sosial dan Bahasa IPTS
  • Novri Yaldi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Sosial dan Bahasa IPTS
  • Agus Saleh Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Matematika dan IPA, IPTS

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk meningkatkan komunikasi matematis mahasiswa di program Studi Pendidikan Guru sekolah Dasar materi pembelajaran matematika sekolah dasar melalui pendekatan saintifik. Penelitian tindakan ini terdiri dari 2 siklus. Untuk melihat tingkat peningkatan komunikasi matematis mahasiswa digunakan dengan tes berbentuk uraian. Dari hasil penelitian, diperoleh persentase komunikasimahasiswa siklus I sebesar sebesar 56.41% meningkat pada siklus II sebesar 82.05%. Jadi, pembelajaran Matematika dengan menggunakanpendekatan saintifik untuk meningkatkan komunikasi matematis mahasiswa. Dari hasil penelitian, disarankan agar dosen dan guru dapat menggunakan pendekatan ini khususnya diperguruan tinggi prodi PGSD untuk meningkatkan komunikasi matematis mahasiswa pada pembelajaran Matematika.

 

Kata kunci: Komunikasi Matematis, Pendekatan Saintifik

References

Arikunto, Suharsimi (2010). Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta: Bumi Aksara.

Bansu I. Ansari, (2009). Komunikasi Matematika Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh:Pena

Dani Vardiansyah. (2008).Filsafat Ilmu Komunikasi “Suatu Pngantar.Jakarta: PT. Indeks

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintiifik 2013. Yogyakarta: Gava

Depdiknas. (2014), Permendiknas No. 104 Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan

Dasar dan Pendidikan Menengah, Jakarta

Desfitri, Rita, dkk. (2008). “Peningkatan Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII2

MTSN Model Padang melalui Pendekatan Kontekstualâ€. Laporan Pengembangan Inovasi Pembelajaran di

Sekolah (PIPS). Padang: Fkip Univesitas Bung Hatta. http://r.search.yahoo.com. Diakses (27 Juli 2018)

Fachruraji. (2011), Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar, www.jurnal.unsyiah.ac.id (diakses 30 Juli 2018).

Husna, M. Ikhsan, Siti Fatimah, (2013),Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-pair-share (TPS, www.jurnal.unsyiah.ac.id (diakses 30 Juli 2018).

P4TK Matematika, (2012). www.p4tkmatematika.org/profil-tahun-2012.ac.id. Diakses pada 30 Juli 2018)

Laila Hayati. Dkk. Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/998. Diakses 08 Agustus 2019

Musfiqon, dkk. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoaarjo: Nizamia Learning Center

Sudjana, Nana. (2006). Penilaian Hasil dan Proses Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2019-12-10