PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN UMKM DAN PELATIHAN PENGEMASAN PRODUK SERTA DIGITAL MARKETING DI DESA BUNUT SEBERANG KECAMATAN PULO BANDRING KABUPATEN ASAHAN

Penulis

  • Muh. Saleh Malawat Universitas Asahan
  • Nisfu Fhitri Universitas Asahan
  • Sasa Aprilia Amanda Universitas Asahan
  • Indah Yanda Yuni Sibuea

Abstrak

Peningkatan potensi dan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah menjadi fokus strategis dalam pengembangan ekonomi di Desa Bunut Seberang, Kecamatan Pulo Bandring, Kabupaten Asahan. Metode penelitian yang di gunakan dengan metode Assets Bassed Community Development (ABCD), yakni pendekatan dengan metode pengembangan masyarakat yang menekankan pada segala potensi yang di miliki oleh masyarakat itu sendiri. Inovasi kemasan produk dan penerapan digital marketing dapat membantu meningkatkan daya saing dan keberhasilan pemasaran produk UMKM. Pendampingan dan pelatihan ini memberikan kontribusi positif terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat, menciptakan lapangan kerja, dan memperkuat iklim usaha di tingkat lokal. Oleh karena itu, diperlukan upaya berkelanjutan dari pemerintah, lembaga terkait, dan pemangku kepentingan lainnya untuk memastikan kesinambungan dan perluasan program ini guna mendukung pertumbuhan berkelanjutan UMKM di Desa Bunut Sebrang dan sekitarnya.

 

Kata kunci: UMKM, Pengemasan produk, digital marketing

Referensi

Kannan, P. K., & Hongshuang, L. (2016). Digital Marketing: A Framework, Review and

Research Agenda. International Journal of Research in Marketing.

Siti, S. Munawarah, Nurul, A. Ayu, P. &, Devi, O. (2022). Pengembangan Kualitas Produk UMKM Melalui Inovasi Kemasan dan Digital Marketing

Opan, A., Fenny Damayanti, R. Rahman, T., & Udin, W. “Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Dodol Nanas Di Subang Jawa Baratâ€. (2020).

Helda, P,. Karimatun, N,. Sri, H,. Tini, K,…. Rifki Septian Eka, P. (2023). Meningkatkan Penjualan Umkm Melalui Promosi Digital Marketing, Inovasi Produk, Dan Pengelolaan Laporan Keuangan Pada Umkm Tahu Pak Eman Di Desa Cigombong.

Revoldi H. Siringoringo & Widyaiswara Madya. (2012). Manajemen Proses Inovasi, paper, pada Pusdiklatwas BPKP.

Rahma Yuliani & Widyakanti. “Peningkatan Penjualan Melalui Inovasi Kemasan Dan Label Pada UMKMâ€. Jurnal KUAT (Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan), Vol 2, No 2. (2020).

Cut Devi Maulidasari & Rusma Setiyana, “Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah(UMKM)â€. Jurnal Pengabdian Masyarakat; Darma Bakti Teuku Umar, Vol2, No 2, (2020).

Aditya Wardhana. “Strategi Digital Marketing Dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMKM Di Indonesiaâ€. Forum Keuangan dan Bisnis IV, fkb.akuntansi.upi.edu/prosiding, (2015).

Gita Sagita & Zeffanya Raphael Wijaya. “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bakmi Tando 07â€. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Manajemen (EBISMEN), Vol 1, No 3, (2022-September).

M Mustika. “Penerapan Teknologi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran Snack Tiwulâ€. JSAI (Jurnal Scientific And Appliad Informatics), Vol 2, No 2, (2019).

Guntoro Barovih & Nurussam. “Penerapan E-Commerce dan Inovasi Kemasan untuk Produsen Pia Kota Palembangâ€. Prosiding Seminar Nasional I Hasil Litbangyasa Industri Palembang, (2018-Oktober)

Dessy Putri Andini & Oktanita Jaya Anggraeni. “Inovasi Kemasan Sebagai Daya Tarik Produk Aneka Camilan di Desa Curah Malang Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jemberâ€. Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dana BOPTN, (2016).

Masayu Endang Apriyanti. “Pentingnya Kemasan Terhadap Penjualan Produk Perusahaanâ€. Sosio E-Kons, Vol 10, No 1, (April-2018).

Tika Afriyanti & Rose Rahmidani. “Pengaruh Inovasi Produk, Kemasan, Dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Ice Cream Aice Di Kota Padangâ€. Jurnal EcoGen, Vol 2, No 3, (September-2019).

DS Fuadi, AS Akhyadi, & I Saripah. “Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosialâ€. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, Vol 1, No 5, (2021-Maret).

Diterbitkan

2023-12-31