MEMBANGUN INTEGRITAS PADA ANAK-ANAK USIA DINI DI DESA BUNUT SEBRANG

Penulis

  • Heni Subagiharti Universitas Asahan
  • Eka Sari Siagian Universitas Asahan
  • Khairunnisa Sinambela Universitas Asahan
  • Nuzul Ramadini Putri Nabila Siagian Universitas Asahan
  • Susanti Susanti Universitas Asahan
  • Ainun Farisah Universitas Asahan
  • Fitri Jasmani Universitas Asahan
  • VIvi Wahyuni Rahmadhani Universitas Asahan
  • Nur Habiba Universitas Asahan
  • Feby Keswanto Br. Regar Universitas Asahan
  • Supriyanitasari Supriyanitasari Universitas Asahan

Abstrak

Kreativitas adalah kemampuan untuk memikirkan sesuatu dengan cara yang baru dan tidak biasa serta melahirkan solusi yang unik terhadap masalah yang dihadapi. Peran kreativitas semakin terasa ketika memasuki abad 21 dengan ditandai oleh perubahan yang sangat cepat dan tantangan yang semakin kompleks. Sehingga kreativitas harus dikembangkan sejak dini melalui pembelajaran yang dilakukan secara terintegrasi.Penelitian ini membahas tentang bagaimana cara membangun integeritas anak usia dini di desa Bunut Seberang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan observasi, wawancara dan eksperimen. Aktivitas meliputi pembelajaran dan penyuluhan di SDN 015861 Bunut Seberang.

 

Kata Kunci : Deskriptif  Kualitatif, Integeritas, Kreativitas.

Referensi

Ideguru, J. (2017). UPAYA MENINGKATKAN INTEGRITAS DAN FOKUS DALAM PENILAIAN PEMBELAJARAN DENGAN PENGGUNAAN APLIKASI E-XAM CARAKA. 2(1).

Kelas, P., Anak, P., & Pendahuluan, A. (n.d.). INTEGRASI PENDIDIKAN MORAL. 1–16.

Kelereng, M., & Sodor, G. (n.d.). PENGENALAN NILAI INTEGRITAS PADA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL : PENDEKATAN METODE BELAJAR TAKTIS Pratista Arya Satwika , Mahardika Supratiwi , Fadjri Kirana Anggarani , Rini Setyowati Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Surakarta A. 367–375.

Madrasah, D. I., & Kota, I. A. (2020). Implementasi pendidikan karakter integritas di madrasah ibtidaiyah al-fattah kota malang.

Maria, E., Simarmata, B. R., & Angin, J. (2021). Pelatihan Membangun Karakter Berintegritas Bagi Anak-Anak Panti Asuhan Bait Allah (PABA). Pubarama: Jurnal Publikasi …, 1(1), 32–39. http://jurnalpkmibbi.org/index.php/Pubarama/article/view/7%0Ahttp://jurnalpkmibbi.org/index.php/Pubarama/article/viewFile/7/22

Mubayyinah, F. (2017). SEMAI : Sembilan Nilai Anti Korupsi dalam Pendidikan Anak Usia Dini. 1(2), 223–238.

Paud, K. D., Binatang, K., Paud, K. D., Binatang, K., & Kunci, K. (n.d.). Penguatan pendidikan karakter anak usia dini pada buku kumpulan dongeng paud keistimewaan binatang. 307–318.

Sebastian. (2016). Integeritas Moral. 8–36.

Waruwu, W., Tinggi, S., Kristen, A., & Pesat, T. (2017). Membangun kepemimpinan dalam diri anak sejak usia dini.

Yulia, A., Sutikno, W., Ardiansyah, F., & Khasanah, U. (2021). Membangun Nilai Integritas Melalui Kantin Kejujuran Di SMK Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong. 4(2), 25–33.

Diterbitkan

2022-12-15

Terbitan

Bagian

Articles