PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, BRAND IMAGE, DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HANDPHONE SAMSUNG DI KABUPATEN ASAHAN

Penulis

  • Indri Novita Sari Program Studi Ekonomi Manajemen, Universitas Asahan
  • Heri Prasuhanda Manurung Program Studi Ekonomi Manajemen, Universitas Asahan

DOI:

https://doi.org/10.36294/mes.v1i2.1114

Abstrak

Hasil penelitian menunjukan bahwa celebrity endorser, brand image dan brand trust berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 11,962, sedangkan nilai Ftabel pada tingkat kepercayaan 95%  (α = 0,05) sebesar 2,70. Hal ini berarti nilai F­hitung  > Ftabel (11,962 > 2,70) dan tingkat signifikansinya (0,000 < 0,05). Dan secara parsial celebrity endorser, berpengaruh positif terhadap keputusa pembelian denga nilai thitung > t­tabel (2,077) > ttabel (1,984) dan  nilai sig. 0,040 < 0,05. Maka menolak Ho dan menerima Ha. Variabel brand image berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung  > ttabel (2,874) > ttabel (1,984) dan nilai sig. 0,005 < 0,05. Maka menolak Ho dan menerima Ha. Variabel brand trust berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung  (2,311) > ttabel (1,984) dan nilai sig. o,023 < 0,05. Maka menolak Ho dan menerima Ha.

Hal ini menunjukkan bajwa sebesar 24,9% variabel celebrity endorser, brand image, dan brand trust  berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sedangka sisanya 75,1% dijelaska oleh variabel bebas lain yang tidak diteliti dan tidak dimasukkan ke dalam model regresi.

Biografi Penulis

  • Indri Novita Sari, Program Studi Ekonomi Manajemen, Universitas Asahan
    Fakultas Ekonomi, Universitas Asahan
  • Heri Prasuhanda Manurung, Program Studi Ekonomi Manajemen, Universitas Asahan
    Fakultas Ekonomi, Universitas Asahan

Diterbitkan

2020-02-28

Terbitan

Bagian

Articles