Analisis User Experience Pada Website UPT-TIK Universitas Singaperbangsa Karawang Menggunakan Metode Heuristic Evaluation
DOI:
https://doi.org/10.36294/jurti.v7i1.3449Kata Kunci:
usability testing, heuristic evaluation, user experience, websiteAbstrak
Universitas Singaperbangsa Karawang merupakan salah satu perguruan tinggi yang termasuk kedalam bagian dari sektor pendidikan yang turut berkontribusi dalam digitalisasi pada aspek pendidikan dan pelayanan nya. Selain proses pembelajaran, proses administrasi dan pelayanan yang dilakukan di Universitas Singaperbangsa Karawang juga sebagian sudah dilakukan secara digital. Salah satunya adalah melalui website UPT-TIK Universitas Singaperbangsa Karawang yang dipergunakan untuk melakukan pelayanan terkait teknologi informasi dan komunikasi. Namun  dalam pengimplementasiannya, website tersebut masih memiliki beberapa permasalahan, diantaranya adalah bahwa fitur pencarian yang ada pada website menghilang ketika website diakses dalam versi mobile, informasi yang ditampilkan pada website masih terjadi duplikasi, fitur reset password masih mengalami error saat digunakan, dan isi website masih berupa template. Sehingga berdasarkan permasalahan tersebut, perlu dilakukan pengujian usability untuk menemukan permasalahan lain demi meningkatkan pelayanan dan mencapai user experience yang lebih baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluasi heuristik, dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sekumpulan permasalahan yang ditemukan oleh pengguna melalui kuesioner, dan rekomendasi perbaikan berdasarkan prinsip evaluasi heuristik. Hasil penelitian yang dilakukan diharapkan dapat dipergunakan untuk perbaikan website UPT-TIK Universitas Singaperbangsa Karawang selanjutnya.Referensi
S. P. Effendi and E. Tasrif, “Perancangan Digitalisasi Pelayanan Administrasi Akademik Jurusan Teknik Elektronika Berbasis Android,†Voteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 7, no. 2, pp. 132–137, 2019, doi: 10.24036/voteteknika.v7i2.104398.
F. N. A. Kurniawati, “Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia dan Solusi,†Acad. Educ. J., vol. 13, no. 1, pp. 1–13, 2022, doi: 10.47200/aoej.v13i1.765.
Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, “Wapres Dorong Perguruan Tinggi Manfaatkan Peluang Transformasi Digital,†Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, 2022. https://www.kominfo.go.id/content/detail/40821/wapres-dorong-perguruan-tinggi-manfaatkan-peluang-transformasi-digital/0/berita (accessed Mar. 24, 2023).
N. Dalimunthe, F. Nazari, K. Purba, and A. Adawiyah, “Evaluasi Website PEMKO Pekanbaru menggunakan Metode Heuristic Evaluation,†J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 245–250, 2019, doi: 10.24014/rmsi.v5i2.8243.
R. Firmansyah, “Usability Testing dengan Use Questionnaire pada Aplikasi Sipolin Provinsi Jawa Barat,†Swabumi, vol. 6, no. 1, pp. 1–7, 2018, doi: 10.31294/swabumi.v6i1.3310.
S. Auliaddina, A. A. Puteri, and I. F. Anshori, “Perbandingan Analisa Usability Desain User Interface Pada Website Shopee Dan Bukalapak Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,†Technol. J. Ilm., vol. 12, no. 3, p. 188, 2021, doi: 10.31602/tji.v12i3.5183.
C. C. Hutasoit, N. Heryana, and A. Rizal, “Analisis User Experience pada Website Universitas Singaperbangsa Karawang Menggunakan Metode Heuristic Evaluation Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai,†Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 4, pp. 5001–5008, 2022.
Y. M. Geasela, P. Ranting, and J. F. Andry, “Analisis User Interface terhadap Website Berbasis E-Learning dengan Metode Heuristic Evaluation,†J. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 270–277, 2018, doi: 10.31311/ji.v5i2.3741.
N. P. L. Santiari and I. G. S. Rahayuda, “Analisis User Interface Dan User Experience (Studi Kasus: Website E-Learning Stikom Bali),†Semin. Nas. Inov. INOBALI 2019, pp. 115–121, 2019.
B. Ghina, H. Ma’ruf, J. Wong, D. R. Agushinta, and M. Metty, “Analisis User Experiance Terhadap Website Perpustakaan Universitas Gunadarma Dengan Metode Heuristic Evaluation,†J. Ilm. Komputasi, vol. 18, no. 3, pp. 189–198, 2019, doi: 10.32409/jikstik.18.3.2589.
K. R. Hadi, M. H. Az-Zahra, and L. Fanani, “Analisis dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile KAI Access Dengan Metode Usability Testing dan Use Questionnaire,†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 9, pp. 2742–2750, 2018, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id.
S. W. Ningrum, I. Akrunanda, and A. R. Perdanakusuma, “Evaluasi dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile Ojesy Menggunakan Metode Usability Testing dan Use Questionnaire,†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 5, pp. 4825–4834, 2019, doi: 10.33633/tc.v21i3.6392.
M. Huda, “Analisis User Experience Pada Game Mobile Legend Versi 1.4.14.4454 Dengan Menggunakan Game-Design Factor Questionnaire,†J. Ekon. dan Tek. Inform., vol. 8, no. 1, pp. 25–34, 2020, [Online]. Available: http://e-journal.polsa.ac.id/index.php/jneti/article/view/127.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 (JurTI) Jurnal Teknologi Informasi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Â
Â
Â
JurTI (Jurnal Teknologi Informasi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Owner : SK