Perancangan Aplikasi E-Learning Penunjang Belajar Sekolah Luar Biasa (SLB) BC Paramita Graha Banjarmasin

Authors

DOI:

https://doi.org/10.36294/jurti.v8i2.4540

Keywords:

SLB, E-Learning, Pembelajaran, Pendidikan

Abstract

Anak berkebutuhan khusus (ABK) adalah anak yang memerlukan penanganan khusus karena adanya gangguan perkembangan dan kelainan yang dialami anak. Sekolah Luar Biasa (SLB) BC Paramitha Graha Banjarmasin merupakan sekolah yang berfokus kepada anak berkebutuhan khusus. Sekolah ini memiliki 2 kategori ketunaan, yang dimana kategori tersebut adalah kategori B atau Tunarungu dan kategori C atau Tunagrahita. Dalam proses pembelajaran di SLB sistem pembelajarannya menggunakan metode konvensional seperti belajar dikelas dengan tambahan alat bantu yang sesuai dengan kebutuhannya dan dengan didampingi guru. Namun dalam proses belajar tersebut kadang terlewatkan oleh para orang tua yang mana anak berkebutuhan khusus membutuhkan pendampingan langsung oleh orang tua sendiri. Sistem e-learning penunjang pembelajaran anak berkebutuhan khusus ini akan dikelola oleh masing-masing guru berkebutuhan khusus, guru dapat memberikan materi yang dapat diunduh untuk orang tua maupun anak berkebutuhan khusus itu sendiri. Guru juga dapat memantau dan memberikan penilaian langsung setelah diberikan tes atau ujian secara online dan dapat memberikan masukan kepada para orang tua. Pengujian ilmiah pada penelitian ini menggunakan metode MOS guna mengetahui kualitas sistem yang telah dirancang. Dari hasil pengujian didapat nilai sebesar 4,58 skala 5, sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem yang dibangun sudah cukup baik dan sudah dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan

Author Biography

  • Ahmad Lazwardi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
    Program Studi Informatika, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

References

P. Darmayanti, “Aplikasi Monitoring Perkembangan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus Berbasis Web,†Jurnal Minfo Polgan, vol. 10, no. 2, pp. 1–6, 2022, doi: 10.33395/jmp.v10i2.11296.

S. A. Fakhiratunnisa, A. A. P. Pitaloka, and T. K. Ningrum, “Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus,†MASALIQ, vol. 2, no. 1, pp. 26–42, 2022, doi: 10.58578/masaliq.v2i1.83.

I. Z. Amalia and M. Ahmad, “Manajemen Pembiayaan di Sekolah Luar Biasa dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan: Studi Kasus SLB di Padang,†MANAZHIM, vol. 5, no. 2, pp. 893–905, 2023, doi: 10.36088/manazhim.v5i2.3574.

I. Puspitasari and S. Azeharie, “Interaksi Simbolik Pengajar Musik Tunanetra dengan Siswa Tunanetra di Yayasan Mitra Netra Lebak Bulus Jakarta Selatan,†Koneksi, vol. 3, no. 1, p. 288, 2019, doi: 10.24912/kn.v3i1.6230.

E. S. Handayani, “Peningkatan Pemahaman Dongeng Anak Tunarungu Melalui Simulation Based Learning,†PEDAGOGIA, vol. 15, no. 3, p. 233, 2018, doi: 10.17509/pdgia.v15i3.11019.

E. V. I. Susilawati, “Penggunaan Permainan Karambol Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berhitung Pada Anak Tunagrahita Sedang,†LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2022, doi: 10.51878/learning.v2i1.960.

R. Ramani, N. Asni, D. Wahyuni, and O. Andriani, “Efektivtas Layanan Terpadu Dalam Meningkatkan Percaya Diri Pada Mata Pelajaran PPKN Pada Anak Tunadaksa,†Jurnal Pendidikan Vokasi dan Seni (JPVS), vol. 2, no. 1, pp. 110–118, 2023, doi: 10.52060/jpvs.v2i1.1757.

I. Agustin, “Problematika Pembelajaran Tematik Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusi,†EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 4, no. 2, pp. 166–175, 2022, doi: 10.26740/eds.v4n2.p166-175.

I. Muthiah K, M. Yunus, and J. Jamaluddin, “Pengembangan Aplikasi Responsible App Berbasis E-Learning Sebagai Penunjang Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar,†Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 6, no. 1, pp. 12–23, Jun. 2021, doi: 10.52208/embrio.v6i1.186.

Published

2024-12-21