Pengaruh Kualitas Website Ceisa 4.0 Terhadap Kepuasan User Menggunakan Webqual 4.0
Keywords:
CEISA 4.0, Kepuasan Pengguna, Metode Webqual 4.0, WebsiteAbstract
Portal website CEISA 4.0 merupakan website yang digunakan oleh institusi Bea dan Cukai dengan perusahaan yang berkerja sama guna memudahkan integrasi antar perusahaan, bisnis dan perusahaan, maupun bisnis dan bisnis. Studi yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan website CEISA 4.0 terhadap kepuasan pengguna atau tidak. Hasil pengujian yang didapatkan menyatakan bahwa secara parsial tidak terdapat pengaruh usability terhadap kepuasan pengguna, namun sebaliknya terdapat pengaruh dalam kualitas informasi dan kualitas interaksi terhadap kepuasan pengguna. Dilain hal secara simultan terdapat pengaruh website CEISA 4.0 terhadap kepuasan pengguna dengan hasil nilai F hitungnya lebih besar dari F tabel 21,742 > 2,96.References
J. Saputra, S. Satrianansyah, and H. O. Wijaya, “Analisis Kualitas Website Institut XYZ Menggunakan Metode Webqual dan IPA,†J-SAKTI, vol. 5, no. 1, pp. 318-327, 2021.
K. Roz, “Analisis Pengaruh Website Quality terhadap Kepuasan Pengguna dengan Menggunakan Metode WebQual 4.0,†JMDK, vol. 8, no. 1, pp. 41-49, 2020.
S. Rahmatullah, D. S. Purnia, and R. Triasmoro, “Analisis Kualitas Website Sekolah North Jakarta Intercultural School dengan Metode Webqual 4.0,†Jurnal Kajian Ilmiah, vol. 19, no. 2, pp. 157-164, 2019.
A. Muhsin and D. A. Zuliestiana, “Analisis Pengaruh Kualitas Website (WebQual) 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna Bukalapak di Kota Bandung,†in e-Proceeding of Management, Bandung, pp. 2424-2433, 2017.
A. Manik, I. Salamah, and E. Susanti, “Pengaruh Metode Webqual 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna Website Politeknik Negeri Sriwijaya,†JETT, vol. 4, no. 1, pp. 477-484, 2017.
Tukino, “Analisis Kualitas Layanan Website SIKMB Menggunakan Metode Webqual 4.0 (Studi pada Badan Pengusahaan (BP) Batam),†KLIK, vol. 6, no.1, pp. 1-15, 2019.
E. R. Wulandari, E. Rizal, and E. Lusiana, “Pengaruh Kualitas Website Kandaga Terhadap Kepuasan Pengguna Perpustakaan Pusat Universitas Padjadjaran,†Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan, vol. 9, no.1, pp 79-98, 2021.
M. Kharisma and S. Anggraeni, “Pengaruh Kualitas Layanan BJB Net Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BJB Rasuna Said Menggunakan Metode Webqual 4.0,†Techno Nusa Mandiri, vol. 15, no.1, pp. 13-18, 2018.
I. Purwandani and N. O. Syamsiah, “Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 Studi Kasus: MyBest E-learning System UBSI,†JUSTIN, vol. 9, no. 3, pp. 300-306, 2021.
Sugiono, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D,†Bandung: Alfabeta, 2019.
N. S. Sukmadinata, “Metode Penelitian Pendidikan,†Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005.
M. P. Putri, Herawati, and I. P. Sari, “Analisis Kualitas Website Gtass Menggunakan Metode Webqual 4.0 Modifikasi,†JOINTECS, vol. 6, no. 2, pp. 99-108, 2021.
I. Salamah, Lindawati, M. Fadhli, and R. D. Kusumanto, “Evaluasi Pengukuran Website Learning Management System Polsri dengan Metode Webqual 4.0,†Jurnal Digit, vol. 10, no. 1, pp. 1-10, 2020.
Nofirman, N. Jalinus, and D. Irfan, “Pengaruh Kualitas Website BPS Kab. Siak Terhadap Kepuasan Pengguna Website Menggunakan Metode Webqual 4.0,†INVOTEK, vol. 19, no. 1, pp. 129-138, 2019.
S. H. Sahir, “Metodologi Penelitian,†Yogyakarta: KBM Indonesia.
F. Nurlan, “Metodologi Penelitian Kuantitatif,†Pare Pare: CV. Pilar Nusantara.
Warjiyono and M. C. Hellyana, “Pengukuran Kualitas Website Pemerintah Desa Jagalempeni Menggunakan Metode Webqual 4.0,†JTIIK, vol. 5, no. 2, pp. 139-146, 2018.
D. R. Rahadi, “Pengaruh Karateristik Website Terhadap Kepuasan Pelanggan,†Jurnal Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp 20-25, 2011.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Â
Â
Â
JurTI (Jurnal Teknologi Informasi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Owner : SK