Perancangan Antarmuka Aplikasi Pemesanan Tiket Kapal Menggunakan Metode User Centered Design

Penulis

  • Mudmainnah Mudmainnah Institut Teknologi Padang
  • Dede Wira Trise Putra Institut Teknologi Padang
  • Anna Syahrani Institut Teknologi Padang
  • Indra Warman Institut Teknologi Padang
  • Ganda Yoga Swara Institut Teknologi Padang

Kata Kunci:

User Centered Design, Pemesanan Tiket, Prototipe Interactif, UI, UX, Transportasi Laut

Abstrak

Pemesanan tiket Mentawai Fast (MF) saat ini masih dilakukan secara konvensional, menyebabkan masalah seperti keterbatasan informasi, ketersediaan tiket, keterlambatan keberangkatan, dan kurangnya notifikasi pembatalan. Oleh karena itu, dibutuhkannya metode User Centered Design (UCD) untuk merancang antarmuka aplikasi pemesanan tiket online yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Tujuannya adalah menganalisis masalah pengguna menggunakan analisis Miles dan Huberman serta mengidentifikasi fitur yang dibutuhkan dengan metode User Centered Design (UCD) yang dimulai dengan understand context of use, specify user requirements, design solutions, dan evaluate against requirements. Hasil analisis yang dilakukan dari permasalahan pengguna diperoleh data untuk menghadirkan fitur pemesanan tiket kapal dan perancangan antarmuka MEFAS yang memuat fitur booking, refund, reschedule, dan metode pembayaran bervariasi, menghasilkan nilai sebesar 88%.

Biografi Penulis

  • Mudmainnah Mudmainnah, Institut Teknologi Padang
    Program Studi Teknik Informatika, Institut Teknologi Padang
  • Dede Wira Trise Putra, Institut Teknologi Padang
    Program Studi Teknik Informatika, Institut Teknologi Padang
  • Anna Syahrani, Institut Teknologi Padang
    Program Studi Teknik Informatika, Institut Teknologi Padang
  • Indra Warman, Institut Teknologi Padang
    Program Studi Teknik Informatika, Institut Teknologi Padang
  • Ganda Yoga Swara, Institut Teknologi Padang
    Program Studi Teknik Informatika, Institut Teknologi Padang

Referensi

Widya, “Pengaruh, Analisis Layanan, Kualitas Kepuasan, Terhadap Pada, Konsumen Mentawai, Kapal Rute, Fast Mentawai, Kepulauan,†vol. 20, no. 2, pp. 80–85, 2021.

J. Saeppu, T. Mary, and H. Mulyono, “Sistem Informasi Pemesanan Tiket Kapal Mentawai Fast Kota Padang Berbasis Web,†Edik Inform., vol. 6, no. 1, pp. 13–19, 2019, doi: 10.22202/ei.2019.v6i1.3658.

2023 Survei, “data Mentawai Fast,†2023.

I. S. Y. Saputri, M. Fadli, and I. Surya, “Implementasi E-Commerce Menggunakan Metode UCD (User Centered Design) Berbasis Web,†J. Aksara Komput. Terap., vol. 6, no. 2, pp. 269–278, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jakt/article/view/1378

M. Ifan Nuriyana and E. Setia Budi, “RESOLUSI : Rekayasa Teknik Informatika dan Informasi Perancangan User Interface dan User Experience Aplikasi Pemandu Wisata Kebun Binatang Menggunakan Metode User Centered Design,†Media Online, vol. 4, no. 1, pp. 75–83, 2023, [Online]. Available: https://djournals.com/resolusi

P. Esatama, “Perancangan User Interface Dan User Experience Aplikasi Donor Darah Berbasis Android Untuk Memudahkan Pencarian Pendonor Darah Di Kota Surakarta,†pp. 6–12, 2019.

M. Agarina, A. S. Karim, and S. Sutedi, “User-Centered Design Method in the Analysis of User Interface Design of the Department of Informatics System’s Website,†… Int. Conf. …, no. Icitb 2019, pp. 218–230, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/icitb/article/view/2098

C. Name et al., Analisis dan Perancangan User Interface/User Experience, vol. 3, no. 2. 2021.

Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. 2019.

2022 Infinum, “Overview of Maze,†2022.

Diterbitkan

2024-06-30

Terbitan

Bagian

ARTICLES