STRATEGI PENGAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENENTUKAN AKAR-AKAR PERSAMAAN KUADRAT

Authors

  • Indah Purnama Putri Universitas Riau
  • Syamsudhuha syamsudhuha Universitas Riau
  • Ihda Hasbiyati

DOI:

https://doi.org/10.36294/jmp.v2i2.221

Abstract

 

Abstrak

           

Akar-akar persamaan kuadrat  dapat ditentukan dengan 3 metode yaitu pemfaktoran, kuadrat sempurna dan rumus kuadrat. Apabila koefisien pada persamaan kuadrat bernilai besar, akar-akar persamaan kuadrat akan diselesaikan dengan menggunakan rumus kuadrat, karena koefisien yang besar biasanya sulit dilakukan dengan metode pemfaktoran. Pada artikel ini akan dibahas metode lain dalam menyelesaikan akar-akar persamaan kuadrat, yaitu metode transformasi dan metode dengan melibatkan nilai diskriminan persamaan kuadrat.

 

Kata kunci: Persamaan Kuadrat, Akar-akar Persamaan kuadrat, Pemfaktoran

Author Biographies

  • Indah Purnama Putri, Universitas Riau
    Program Studi Magister Matematika,
  • Syamsudhuha syamsudhuha, Universitas Riau
    Program Studi Magister Matematika,

References

Donnel WA. 2010. Elementary Theory Of factoring Trinomials With Integer Coefficient Over The Integers. International Journal Of Mathematical Education in Science and technology.

Lial ML.,Hornsby J.,McGinnis T. 2012. Algebra For College Students 7th Edition. Pearson Education.

Stroud,K.A.. 2003. Matematika Teknik. Jakarta: Erlangga.

Tampomas Husein. 2007. Seribu Pena Matematika Jilid 1 untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Tim Penulis. 2013. Matematika Kelas X. Kementrian Pendidikan danKebudayaan Republik Indonesia. Jakarta

Downloads

Issue

Section

Articles