PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DAN SNOWBALL THROWING

Authors

  • Ririn Sundari Universitas Asahan
  • Srirahma Dewi saragih

DOI:

https://doi.org/10.36294/jmp.v1i2.144

Abstract

ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris tentang perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Think Talk Write dan Snowball Throwing pada materi Persamaan Kuadrat di Kelas X SMA Negeri 5 Kota Tanjungbalai Tahun Ajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 5 Kota Tanjungbalai Tahun Ajaran 2014/2015 yang terdiri dari dua kelas, kelompok eksperimen (Think Talk Write), dan kelompok kelas kontrol (Snowball Throwing). Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes yang berbentuk uraian sebanyak 5 soal. Dari hasil penelitian hipotesis diperoleh harga . Dengan membandingkan harga ini pada tabel, dengan dk = 77, diperoleh , ternyata  . Hal ini berarti bahwa  ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar yang diajar dengan model pembelajaran Think Talk Write dan diajar dengan model pembelajaran Snowball Throwing pada materi persamaan kuadrat kelas X SMA Negeri 5 Kota Tanjungbalai tahun ajaran 2014/2015.

 

Kata kunci: Think Talk write, Snowball Throwing, Persamaan Kuadrat.

Author Biography

  • Ririn Sundari, Universitas Asahan
    Pendidikan Matematika,

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian (edit Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi-nya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soedjoko. 2011. Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rineka cipta.

Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Surabaya: Pustaka Pelajar

Suyitno. 2004. Pemilihan Model-model Pembelajaran dan Penerapannya di Sekolah. Semarang : UNNES

Waluyo, S., dkk. 2008. Matematika SMA Kelas X. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2017-11-17

Issue

Section

Articles