PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS WACANA ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 LAWE SIGALA-GALA
DOI:
https://doi.org/10.36294/jkb.v7i1.787Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan menulis wacana argumentasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 2 Sigala-gala Kabupaten Aceh Tenggara tahun pembelajaran 2015-2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Lawe Sigala-gala yang berjumlah 120 siswa. Sedangkan yang menjadi sampelnya adalah siswa kelas X ADM yang bertujuan 30 siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan instrument tes kemampuan menulis wacana argumentasi. Tes ini diujikan sebanyak 2 (dua) kali yaitu pretes dan postes. Setelah masing-masing sampel mengikuti pretes maka diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif kemudian diberi tes lagi (postes) kemudian harga skor dibandingkan satu sama lain. Analisis perbandingan menggunakan uji “tâ€. Berdasarkan teknik analisis data, dapat disimpulkan bahwa hasil pretes yaitu sebelum diterapkan perlakuan pembelajaran kooperatif memiliki rata-rata nilai adalah 63,3 yang masih rendah. Selanjutnya hasil postes siswa yang telah diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif mendapat perolehan nilai rata-rata sebesar 79,2 yang tinggi. Hal ini menunjukkan penggunaan model pembelajaran kooperatif memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan menulis wacana argumentasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 2 Lawe Sigala-gala tahun pembelajaran 2015-2016.Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2010. Proses penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Edisi Revisi 2010. Jakarta Rineka Cipta
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep. Landasan, dan Implementasi pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Media Group.









