PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS PESAN MORAL DALAM CERPEN
DOI:
https://doi.org/10.36294/jkb.v6i2.649Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan menganalisis pesan moral cerpen pada siswa kelas X SMA swasta Yapenas Petatal tahun ajaran 2018/2019.Populasi dalam penelitian ini berjumlah 210 orang siswa sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 siswa. Adapun metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan cara menggunakan tes yang berbentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal. Dari analisis data, diperoleh nilai rata-rata siswa menganalisis pesan moral cerpen setelah (Post Test)menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD)sebesar 75,42. Siswa yang memperoleh nilai tertinggi 90, nilai sedang 80, dan nilai terendah 60.Sedangkan nilai rata-rata siswa menganalisis pesan moral cerpen sebelum (Pre Test)menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD)sebesar 67,92. Siswa yang memperoleh nilai tertinggi 80, nilai sedang 70, dan nilai terendah 60. Selanjutnya untuk mengetahui signifikasi perbedaan hasil dari kedua pembelajaran tersebut digunakan analisis statistik uji t. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan diketahui bahwa th>tt  pada taraf signifikasi 0,05 (5%) harga th sebesar 11,33 dan tt sebesar 2,03. Dengan demikian hipotesis yang penulis rumuskan pada penelitian ini menyatakan “Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Menganalisis Pesan Moral Cerpen pada Siswa Kelas X SMA Swasta Yapenas Petatal Tahun Ajaran 2018/2019â€.Referensi
Alwi, Hasan. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Bina.
Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2008. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Badudu, J.S. 2001. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Media Persada: Medan.
Keraf, G. 2004.Komposisi. Jakarta: Nusa Indah.
Masri, Singarimbun. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Bintang.
Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra.
Yogyakarta: BFFE-Yogyakarta.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010a. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BFFE-Yogyakarta.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme
Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Rusman. 2012.Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, A. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sayuti, Suminto A. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama Media.
Semi, Atar. 2000. Teknik Penulis Berita Features, dan Artikel. Bandung: Mugantara.
Sudjiman, Panuti. 2003. Memahami Cerita Rekaan. Jakarta: Pustaka Jaya.
Sudijono, A. 2007. Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sumantri, M.S. 2015. Strategi Pembelajaran. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Sumardjo, Jacob. 2007. Catatan Kecil tentang Menulis Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tarigan, Hendri Guntur. 2001. Apresiasi Sastra. Jakarta: Erlangga.
Trianto.2009. Mendisain Model-Model Pengajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group.
Yamin, M. 2013. Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta:GP Press Group.









