PENGARUH MODEL CTL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SYAIR LAGU BERMAJAS SATIRE
DOI:
https://doi.org/10.36294/jkb.v6i2.648Abstrak
Tujuan pe. nelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dalam penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Menganalisis Syair Lagu Bermajas Satire “Untuk Kita Renungkan†Karya Ebiet G Ade oleh Siswa Kelas X SMA Swasta YAPENAS Petatal Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian pendekatan pembelajaran kontekstual. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA. Sampel penelitian ada 2 kelas (kelas X IPA-1 dan X IPA-2) yang diambil secara cluster random. Pada kelas X IPA-1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan pada kelas X IPA-2 sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan model pembelajaran. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 77,8 dan kelas kontrol 72,5. Hasil uji “t†diperoleh thitung = 2,01 > ttabel = 2,00 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi menganalisis syair lagu bermajas satire Oleh siswa kelas X SMA Swasta YAPENAS Petatal.
Referensi
Anonim. 2004. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Keraf, Gorys. 2005. Majas dan Pembentukannya. Yogyakarta: Gadjah mada University Press.
Muldofir, A. 2016. Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sadirman, A.M. 2010. Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Logaritma.
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembeajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sumiati dan Asra. 2016. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Sudijono, Anas. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif–Progresif. Jakarta: Kencana.









