Pemanfaatan Recorder Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Tembang Dolanan Bahsa Jawa Di Sekolah Dasar

Penulis

  • Anisa Zahro Universitas Muria Kudus
  • Muthorida Su’adah Universitas Muria Kudus
  • Wasis Wijayanto Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.36294/ws3m9k85

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media alat musik recorder dalam pembelajaran tembang dolanan Bahasa Jawa di sekolah dasar serta menganalisis pengaruhnya terhadap pemahaman siswa. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus di kelas I SD 3 Adiwarno. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan dokumentasi, dengan analisis model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media recorder mampu meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran, membantu mereka memberikan ketukan secara serempak, menyanyikan lagu dolanan dengan benar, serta memahami makna dan kosakata Bahasa Jawa yang terkandung di dalamnya. Suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, interaktif, dan kontekstual. Dengan demikian, media recorder terbukti efektif sebagai alat bantu sekaligus sarana pelestarian budaya lokal melalui tembang dolanan.

Unduhan

Diterbitkan

2025-12-13

Terbitan

Bagian

Articles