Pemanfaatan Recorder Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Tembang Dolanan Bahsa Jawa Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.36294/ws3m9k85Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media alat musik recorder dalam pembelajaran tembang dolanan Bahasa Jawa di sekolah dasar serta menganalisis pengaruhnya terhadap pemahaman siswa. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus di kelas I SD 3 Adiwarno. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan dokumentasi, dengan analisis model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media recorder mampu meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran, membantu mereka memberikan ketukan secara serempak, menyanyikan lagu dolanan dengan benar, serta memahami makna dan kosakata Bahasa Jawa yang terkandung di dalamnya. Suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, interaktif, dan kontekstual. Dengan demikian, media recorder terbukti efektif sebagai alat bantu sekaligus sarana pelestarian budaya lokal melalui tembang dolanan.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Anisa Zahro, Muthorida Su’adah, Wasis Wijayanto

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.









