Pemanfaatan Siniar Untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia

Penulis

  • Priyo Budi Santoso Sinaga Universitas Muslim Nusantara AL-Washliyah
  • Rahmat Kartolo Universitas Muslim Nusantara AL-Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.36294/jkb.v13i1.4924

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manfaat media siniar (podcast) sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia. Seiring kemajuan zaman, media baru seperti siniar telah menjadi sumber informasi yang kaya dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai tujuan, termasuk pendidikan. Dalam konteks pembelajaran, siniar menawarkan beragam video pembelajaran yang dapat dipilih dan digunakan oleh guru untuk menciptakan suasana belajar yang menarik dan interaktif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengacu pada literatur ilmiah, termasuk buku dan artikel jurnal. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan analisis isi. Hasil penelitian dari berbagai studi menunjukkan bahwa siniar sangat efektif, praktis, dan memberikan manfaat signifikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Manfaat tersebut meliputi kemudahan akses, kemampuan untuk diputar berulang kali, penambahan variasi dalam pembelajaran, peningkatan interaktivitas, pengembangan kemampuan menyimak dan berbicara, peningkatan literasi, serta membantu siswa mengembangkan ide dan gagasan kreatif dalam menulis puisi dan cerpen. Dengan demikian, siniar terbukti menjadi media pembelajaran yang berharga untuk meningkatkan kompetensi berbahasa Indonesia siswa.

Kata Kunci: Podcast, audio visual, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-30

Terbitan

Bagian

Articles