RELEVANSI WACANA PERSUASIF IKLAN HANDBODY DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Wacana Persuasif Pada Iklan Handybody
DOI:
https://doi.org/10.36294/jkb.v13i1.4923Abstrak
Penelitian ini menganalisis strategi wacana persuasif yang digunakan dalam iklan produk handbody serta mengidentifikasi relevansinya dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia. Iklan, sebagai bentuk komunikasi massa, secara inheren dirancang untuk memengaruhi audiens agar melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk. Dalam iklan handbody, bahasa kerap dimanipulasi untuk menciptakan citra ideal dan menonjolkan manfaat produk demi menarik perhatian konsumen. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. (Pusparita, 2020:37) menyatakan data dikumpulkan melalui kajian mendalam terhadap berbagai iklan handbody yang tersedia di media cetak dan digital, serta literatur terkait teori wacana persuasif dan pembelajaran Bahasa Indonesia. Analisis data dilakukan secara induktif untuk mengidentifikasi pola-pola bahasa persuasif, termasuk pilihan kata, struktur kalimat, gaya bahasa, dan strategi retoris yang digunakan untuk mencapai tujuan persuasif. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan pemahaman komprehensif mengenai cara kerja wacana persuasif dalam iklan handbody. Temuan ini selanjutnya akan menunjukkan bagaimana analisis wacana persuasif pada iklan handbody dapat diintegrasikan dan dimanfaatkan sebagai materi ajar yang relevan serta kontekstual dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami, menganalisis, dan memproduksi teks persuasif secara kritis.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Komunitas Bahasa

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.









