Analisis Manfaat Pembelajaran BIPA Melalui Selasar Bagi Mahasiswa Thailand di Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Pembelajaran BIPA Melalui Selasar
DOI:
https://doi.org/10.36294/jkb.v13i1.4918Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manfaat pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) melalui platform Selasar bagi mahasiswa asing di Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah. Pembelajaran BIPA memegang peran krusial dalam membantu mahasiswa asing beradaptasi dengan lingkungan akademik dan sosial di Indonesia. Selasar, sebagai media pembelajaran daring, diharapkan dapat memberikan kemudahan akses dan fleksibilitas dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi serta melakukan kuesioner terhadap mahasiswa asing peserta BIPA di Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran BIPA melalui Selasar memberikan berbagai manfaat signifikan, di antaranya kemudahan akses materi, fleksibilitas waktu dan tempat belajar, serta peningkatan pemahaman budaya Indonesia. Selain itu, platform ini juga memfasilitasi interaksi antara mahasiswa asing dengan pengajar dan sesama peserta, meskipun terdapat beberapa tantangan terkait koneksi internet dan adaptasi dengan sistem daring. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan lebih lanjut konten dan fitur Selasar untuk mengoptimalkan pengalaman belajar BIPA bagi mahasiswa asing
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Komunitas Bahasa

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.









