Dimensi Mandiri Tokoh Utama Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata serta Relevansinya terhadap Pembelajaran Sastra

Penulis

  • Elisa Raudlatul Masfufah Universitas PGRI Semarang
  • Nazla Maharani Umaya Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.36294/jkb.v13i1.4519

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter mandiri yang mencakup kesadaran akan diri serta regulasi diri tokoh utama dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata serta relevansinya terhadap pembelajaran sastra di sekolah. Analisis tersebut diharapkan dapat menjadi representasi bagi pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa dalam membentuk kemandirian dalam berjuang dalam membentuk pribadi yang lebih kuat dan tangguh. Kesimpulan dari penelitian ini menghasilkan dimensi mandiri sebagai salah satu dimensi dalam profil pelajar Pancasila dicerminkan oleh tokoh Desi dan Aini melalui kesadaran akan diri dan regulasi diri. Kesadaran akan diri yang dimiliki tokoh Desi dan Aini dicerminkan melalui kemampuannya dalam merefleksi diri dan mengenali diri. Regulasi diri sebagai salah satu aspek yang terdapat dalam dimensi mandiri, dicerminkan oleh tokoh Desi dan Aini melalui karakter disiplin, inisiatif, kemampuan regulasi emosi dan resiliensi. Dimensi mandiri yang dihadirkan dalam tokoh utama novel Guru Aini sangat relevan untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran sastra di sekolah.

Referensi

Abdurakhman, Omon dan Radif Khotamir Rusli. (2017). Teori Belajar dan Pembelajaran. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 2 No 1 https://doi.org/10.30997/dt.v2i1.302

Boud, D., Keogh, R., & Walker, D. (2013). Reflection: Turning experience into learning. London: Routledge.

BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Duckworth, Angela. (2022). GRIT: The Power of Passion and Perseverance ed. ke-13. Terjemahan: Fairano Ilyas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Garmo, J. (2013). Pengembangan Karakter untuk Anak: Panduan Pendidik. Jakarta: Penerbit Kesaint Blanc

Greenberg, L.S. (2002). Emotion focused therapy: Coaching clients to work through their feelings. Washington DC: American Psychological Association.

Gross, J. J. (2007). Handbook of regulation emotion. New York: Guilford Press

Hamzah, Annisa Qotrunnada Sofyana, dkk. (2023). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Berbasisi Karakter dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata. Jurnal Pendidikan Transformatif (JPT) Volume 02 No 06 Halaman 149 – 160 https://doi.org/10.9000/jpt.v2i6.1088

Hendriani, Wiwin. (2022). Resiliensi Psikologis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Kencana

Hirata, Andrea. (2020). Guru Aini. Yogyakarta: Mizan Media Utama

Janssen, T. W. P., & Atteveldt, N.van. (2023). “Coping Styles Mediate the Relation Between Mindset and Academic Resilience in Adolescents During the COVID-19 Pandemic: a Randomized Controlled Trial. Sci Rep 13, 6060 (2023). https://doi.org/10.1038/s41598-023-33392-9

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151 https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2963248

Kemendikbud. (2018). Permendikbud RI No 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal.

Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal, 8–12. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud_Tahun2018_Nomor20.pdf

Kemendikbudristek. (2022). Keputusan Kepala BSKAP: Dimensi Profil Pelajar Pancasila (2022). Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan (Issue 021)

Lazarus, R.S. (1991). Emotion and adaptation. Madison Avenue: Oxford University Press.

Musbikin, Imam. (2021) Pendidikan Karakter Disiplin. Nusa Media: Perpustakaan Nasional RI

Nazira, Febri, dkk. (2022). Nilai Perjuangan Tokoh Utama Pada Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata: Tinjaun Sosiologi Sastra. Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 3 Nomor 1 Halaman 17-33 https://doi.org/10.29103/jk.v3i1.7235

Sandars, J. (2009). The use of reflection in medical education: AMEE Guide No. 44. Medical teacher 31 (8) 685-695 https://doi.org/10.1080/01421590903050374

Schon, D. A., & DeSanctis, V. (1983). The reflective practitioner: How professionals think in action. London: Routledge, 384

Yunus, Anwar (2024). Mendikbud Luncurkan Program Sastra Masuk Kurikulum Merdeka. Pusat Pemberitaan Radio Republik Indonesia. https://www.rri.co.id/nasional/702460/mendikbud-luncurkan-program-sastra-masuk-kurikulum-merdeka

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-30

Terbitan

Bagian

Articles