THE EFFECT OF PROBLEM BASED LEARNING MODEL ON STUDENTS' ABILITY IN WRITING REPORT TEXT

Penulis

  • bobby marbun Universitas Asahan
  • Datulina Ginting Universitas Asahan

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks laporan kelas X SMA N 1 Sei Kepayang tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen yang melibatkan dua kelas: kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Sei Kepayang. Sampel penelitian ini terdiri dari 25 siswa dari kelas eksperimen dan 25 siswa dari kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data adalah tes menulis, di mana siswa diminta untuk menulis teks laporan berdasarkan satu dari tiga topik yang diberikan. Data dianalisis menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen meningkat dari 29,9 pada tes awal menjadi 65,4 pada tes akhir, sedangkan kelas kontrol meningkat dari 29,6 menjadi 38,7. Ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H₀) ditolak.

 

Diterbitkan

2025-07-31

Terbitan

Bagian

Articles