PENGARUH MODEL SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SURAT MENYURAT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TANJUNG BALAI TAHUN AJARAN 2024
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Self Directed Learning Terhadap Kemampuan Menulis Surat Resmi Siswa SMP Negeri 1 Tanjung Balai. Penelitian ini menggunakan sampel yang berjumlah 80 siswa. Sampel yang digunakan adalah kelas VII.3 sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 40 siswa dan kelas VII.2 sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 40 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Postestt Only Control Desain, di mana dua kelompok dipilih, kemudian diberi tes akhir posttest dan instrumen yang digunakan dalam penelitian pengumpulan data adalah penugasan. Dari perolehan data, diperoleh hasil posttest kelas eksperimen dengan rata-rata = 81, standar deviasi = 8,5, standar erorr = 1,36, maka diperoleh nilai tertinggi adalah 100, nilai sedang 80, nilai rendah 60. Data hasil posttest kelas kontrol dengan rata-rata = 72, standar deviasi = 8,3, standar error = 1,33, maka diperoleh nilai tertinggi adalah 100, nilai sedang 80, nilai rendah 50.Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi 1% adalah H0 ditolak. Artinya ada pengaruh model Self Directed Learning Terhadap Kemampuan Menulis Surat Resmi Siswa SMP Negeri 1 Tanjung Balai. Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% adalah Ha diterima. Artinya ada pengaruh model Self Directed Learning Terhadap Kemampuan Menulis Surat Resmi Siswa SMP Negeri 1 Tajung Balai.
Kata Kunci: Self Directed Learning, Menulis Surat Resmi.