PENGARUH MODEL THINK TALK WRITE BERBASIS MEDIA FILM DOKUMENTER TERHADAP KEMAMPUAN MENGAPRESIASI PUISI SISWA KELAS X SMA SWASTA PANTI BUDAYA KISARAN TAHUN AJARAN 2024/2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbasis media film dokumenter terhadap kemampuan mengapresiasi puisi siswa kelas X SMA Swasta Panti Budaya Kisaran Tahun Ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Pendekatan yang diterapkan adalah quasi experimental design dengan bentuk non-equivalent control group design, yaitu melibatkan dua kelompok yang masing-masing diberi pre-test dan post-test, di mana hanya kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan berupa model pembelajaran TTW berbasis media film dokumenter. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X sebanyak 105 siswa yang terdiri atas tiga kelas, dengan sampel penelitian sebanyak 70 siswa, yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan X3 sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes pre-test dan post-test. Nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas kontrol adalah 56,08 dan 67,6, sedangkan pada kelas eksperimen adalah 54,5 dan 78,9. Dari data tersebut berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbasis media film dokumenter terhadap kemampuan mengapresiasi puisi siswa kelas X SMA Swasta Panti Budaya Kisaran Tahun Ajaran 2024/2025.
Kata Kunci: Think Talk Write, Film Dokumenter, Apresiasi Puisi