PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MEDIA CANVA PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH SWASTA AL-MA’SHUM TA.2024/2025

Penulis

  • Jelsi Miranti Universitas Asahan

Abstrak

Teks eksplanasi yang baik, adalah teks yang menjelaskan suatu fenomena atau peristiwa dengan cara yang jelas, akurat, dan informatif, menggunakan bahasa yang baku dan sesuai kaidah, serta memiliki struktur yang teratur. Peneliti mengaplikasikan model project based learning dengan materi Teks Eksplanasi pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Al-Ma’shum TA.2024/2025. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen dengan urutan sistematis, logis dan objektif untuk menjawab pertanyaan pada suatu objek. Populasi penelitian berjumlah 76 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 76 siswa yang terbagi atas dua kelas, yaitu kelas XI A terdiri atas 38 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI B terdiri atas 38 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik yang di gunakan dalam penentuan sampel adalah teknik total sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes unjuk kerja. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kemampuan menulis teks eksplanasi tanpa menggunakan model Project Based Learning (PJBL) pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 69,47 standar deviasi 0,93 dan standar error 5,71. Nilai tertinggi adalah 80 dan nilai terendah adalah  65. Sedangkan kemampuan menulis teks eksplanasi menggunakan model project based learning (PJBL)  pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 78,68 standar deviasi 7,22 dan standar error 1,18. Nilai tertinggi adalah 90 dan nilai terendah adalah 70. Pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh hasil thitung > ttabel dengan dk=37 pada taraf signifikasi 5% = 2,02 dan taraf signifikasi 1% = 2,71. Karena thitung (t0) yang diperoleh lebih besar dari ttabel (tt), yaitu taraf signifikasi 5% ( 6,35 > 2,00 ) maupun taraf signifikasi 1% ( 2,80 > 2,02 ), maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran model project based learning (PJBL) terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa XI Madrasah Aliyah Swasta Al-ma’shum TA.2024/2025.

Kata Kunci : Menulis, Model Project Based Learning, Media Canva, Eksplanasi

Diterbitkan

2025-08-02

Terbitan

Bagian

Articles