PENGARUH MODEL WRITE AROUND BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SEI BALAI

Penulis

  • Elsa Aridzka Siagian Universitas Asahan
  • Dailami Universitas Asahan

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis teks negosiasi  siswa yang ditunjukkan dengan sulitnya siswa dalam mencari dan menuangkan ide/gagasan ke dalam bentuk tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sei Balai sebelum menerapkan model pembelajaran write around berbantuan media gambar. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sei Balai yang berjumlah 72 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh Kesimpulan nilai rata-rata hasil posttest kemampuan menulis teks negosiasi siswa sebelum diterapkan model pembelajaran write around berbantuan media gambar berada pada kategori kurang baik; 2) nilai rata-rata hasil posttest kemampuan menulis teks negosiasi siswa setelah diterapkan model pembelajaran write around berbantuan media gambar berada pada kategori baik; 3) terdapat pengaruh model pembelajaran write around berbantuan media gambar seri terhadap kemampuan menulis teks negosiasi siswa.

Kata Kunci : Menulis Teks Negosiasi, Write Around, Media Gambar

Diterbitkan

2025-08-02

Terbitan

Bagian

Articles