PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP PENGGUNAAN BAHASA BAKU DALAM MENULIS TEKS OBSERVASI PADA SISWA KELAS VII MTs ALWASLIYAH LIMA LARAS TAHUN AJARAN 2024/2025

Penulis

  • Lisa Aulia Universitas Asahan
  • Nila Sudarti Universitas Asahan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan penggunaan bahasa baku dalam menulis teks observasi pada siswa kelas VII MTs Alwashliyah Lima Laras Tahun Ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain posstest only control design. Populasi dalam penelitian ini dadalah seluruh kelas VII yang terdiri dari 2 kelas yaitu berjumlah 40 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 40 siswa yang terbagi atas dua kelas, yaitu kelas VII-B terdiri atas 20 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional dan kelas VII-A terdiri atas 20 siswa dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL). Teknik yang digunakan dalam penentuan sampel adalah teknik simple random sampling. Intsrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah essay test. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh posttes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 86 dan kelas kontrol 74. Hasil uji t di peroleh  = 7,89 >  = 2,72, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan penggunaan bahasa baku dalam menulis teks observasi pada siswa kelas VII MTs Alwashliyah Lima Laras Tahun Ajaran 2024/2025.

Kata Kunci: Model PjBL, penggunaan bahasa baku, menulis teks observasi

Diterbitkan

2025-08-02

Terbitan

Bagian

Articles