PENGARUH MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTUAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TALAWI TAHUN AJARAN 2024/2025

Authors

  • Silvi Fatimah Universitas Asahan
  • Tuti Herawati Universitas Asahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Example Non Example berbantuan media YouTube terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 1 Talawi tahun ajaran 2024/2025. Jenis Penelitian ini menggunakan  metode penelitian eksperimen kuantitatif dengan desain penelitian Two Group Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 36 orang.  Sampel penelitian terdapat 2 kelas (kelas XI-1 dan kelas XI-2) yang diambil secara Random Sampling Class. Pada kelas XI-2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional berjumlah 36 orang dan XI-1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model Example Non Example berjumlah 36 orang. Setelah pembelajaran selesai dilakukan, diperoleh hasil hasil skor rata-rata 78,06 untuk kelas eksperimen dan hasil skor rata-rata 69,44 untuk kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Hal ini membuktikan bahasa terdapat pengaruh model Example Non Example berbantuan media YouTube terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 1 Talawi Tahun Ajaran 2024/2025, maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Kata Kunci : Model Example Non Example, Media YouTube, Menulis Teks Prosedur

Downloads

Published

2025-08-02