PENGARUH PENGGUNAAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA CANVA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA TAMAN SISWA SUKA DAMAI TAHUN AJARAN 2024/2025

Authors

  • Nur Karina Universitas Asahan
  • Nila Sudarti Universitas Asahan
  • Asmidar Universitas Deztron Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match Terhadap Keterampilan Menulis Teks biografi menggunakan Media Canva pada Siswa Kelas X SMATaman Siswa Sukadamai.Hasil penelitian menunjukkan, sebelum menggunakan media canva dan model make a match diperoleh nilai rata-rata (mean) 70,58, Standar deviasi  6,57, Standar eror 1,01. Hasil penelitian menggunakan media canva dan model make a match diperoleh rata-rata 77,33, Standar deviasi 7,49, Standar eror 1,13. Hasil perhitungan pada uji hipotesis,  dikonsultasikan dengan  taraf signifikan 5% maupun 1% dk = (N1 + N2) – 2 = (43+ 45) – 2 = 86, dari dk = 86 diperoleh taraf signifikan 5% =  1,66 dan taraf signifikan 1% = 2,37. Karena  yang diperoleh lebih besar dari  yaitu 56,25 1,66, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka pada taraf signifikan 1% dk 70 >  yakni 56,25 > 2,37, maka hipotesis nihil (Ho) tidak ada pengaruh yang signifikan ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yaitu ada pengaruh yang signifikan penggunaan media Canva terhadap keterampilan menulis dalam pembelajaran teks biografi Siswa kelas X SMA Taman Sukadamai tahun Ajaran 2024/2025

Kata Kunci: Media Canva, Biogarfi, Model make a match

Downloads

Published

2025-08-02