PENGARUH PEMBELAJARAN (MEA) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Jenis penelitian ini adalah quasy eksperiment dengan desain penelitian two group pre test dan post test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian yang digunakan yaitu 2 kelas (Kelas VIII-2 dan Kelas VIII-3). Pada kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Ekspositori. Nilai rata-rata pre test dikelas eksperimen (10,60) sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol (11,33). Setelah pembelajaran selesai diberikan perolehan nilai rata-rata post test dikelas eksperimen (77,87) sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol (64,60). Hasil uji T diperoleh diterima dengan demikian terdapat pengaruh positif dan signifikan dalam penerapan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berbantuan aplikasi Articulate Storyline 3.