PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PBL BERBANTUAN POWTOON DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Abstrak
Penelitian ini di dasari oleh pentingnya pengembangan bahan ajar yang kreatif dan sesuai dengan tuntutan pendidikan di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbantuan powtoon berbasis problem based learning pada materi bunga majemuk kelas XI SMA Negeri 1 Meranti yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan sebagai acuan dalam penelitian ini adalah model Thiagarajan, yang dikenal dengan istilah model 4-D, yang terdiri dari empat tahapan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar validasi, angket respon guru dan peserta didik, serta tes kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan penilaian validator, diperoleh hasil validitas media pembelajaran memperoleh nilai akhir sebesar 90% dengan kategori sangat valid. Hasil kepraktisan media pembelajaran melalui angket guru sebesar 89% dan peserta didik sebesar 82,85% dengan kategori sangat praktis. Dan hasil keefektifan media pembelajaran dilihat dari tes kemampuan berpikir kritis mendapat nilai 82,85% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbantuan powtoon berbasis PBL pada materi bunga majemuk kelas XI telah terbukti valid, praktis dan efektif.