PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SEND A PROBLEM BERBANTUAN MEDIA POSTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
Abstrak
Penelitian bertujuan untuk melihat pengaruh modelipembelajaran kooperatifitipe send a problem berbantuan media poster untuk meningkatkanikemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bangun ruangisisi datar. Jenis penelitian yang di ambil yaitu randomized control grup only design. Sampeliyang diambil pada penelitianiadalah kelas VII-1 sebagaiikelas eksperimen berjumlah 31 siswa daniVII-4 sebagaiikelas control berjumlah 30 siswa. Pengambilanisampel menggunakan metode simple random sampling.instrumeniyang diambil beupa post-test  kemampuan pemecahan masalah menggunakan uji t. Hasiliuji homogenitasidiperoleh maka h0 diterima. Hasil penelitian menggunakan uji wilcoxon  dengan taraf  adalah , sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Makaidapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengatuh yang lebih baik pada model pembelajaran koope kooperatif tipe send a problem berbantuan media poster untuk menigngkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa