PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA

Penulis

  • Nur Windi Ansyah
  • Syahriani Sirait
  • Mapilindo

Abstrak

Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa  di Mts Nurul Iman tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas  VIII. Dua kelas dipilih secara purposive sampling untuk dijadikan sampel penelitian. Kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menerapkan model Project based learning dengan media puzle pythagoras sedangkan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa skor kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan data kemampuan berpikir tingkat tinggi yang telah diperoleh, diketahui bahwa rata-rata nilai kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas eksperimen (67.46667)  dari kelas kontrol (62.36667). Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh  yaitu 1.998718 1.671552 maka  ditolak dan  diterima. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa ada pengaruh model  Project based learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa  di Mts Nurul Iman tahun ajaran 2023/2024.

Kata Kunci: Model Project based learning, Model pembelajaran langsung, Kemampuan berpikir tingkat tinggi

Referensi

Abidin, Zaenal. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Berbasis Proyek Literasi, Dan Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis.†Profesi Pendidikan Dasar 7(1):37–52. Doi: 10.23917/Ppd.V7i1.10736.

Abu, Mohd Salleh, And Abdul Halim Abdullah. 2017. “Inculcating Higher-Order Thinking Skills In Mathematics : Why Is It So Hard ? Inculcating Higher-Order Thinking Skills In.†(July).

Dwi Pudi Lestari, Ach. Fatchan, I. Nyoman Ruja. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Sma.†(2008):475–79.

Febriana. N.D. “Peranan Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Man 1 Palembang.†152–63.

Kurniati, Dian, Romi Harimukti, And Nur Asiyah Jamil. 2016. “Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Smp Di Kabupaten Jember Dalam Menyelesaikan Soal Berstandar Pisa.†Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 20(2):142–55. Doi: 10.21831/Pep.V20i2.8058.

Nurfitriyanti, Maya. 2003. “Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.†Acta Farmaceutica Bonaerense 22(3):197–201.

Prasetyani, Etika, Yusuf Hartono, And Ely Susanti. 2016. “Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas Xi Dalam Pembelajaran Trigonometri Berbasis Masalah Di Sma Negeri 18 Palembang.†Jurnal Gantang 1(1):34–44. Doi: 10.31629/Jg.V1i1.4.

Purnamasari, Sulfi, Fika Rahmanita, Soffi Soffiatun, Wiwit Kurniawan, Fiqoh Afriliani, And Game Online. N.D. “Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Word Wall.†3:70– 77.

Qodir, Abd. 2017. “Teori Belajar Humanistik Dalam.†04(02):188–202.

Saraswati, Putu Manik Sugiari, And Gusti Ngurah Sastra Agustika. 2020. “Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal Hots Mata pelajaran matematikaâ€.Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 4(2):257.Doi: 10.23887/Jisd.V4i2.25336.

Siswa, Pada, Kelas Sd, Pgsd Fkip, Universitas Kristen, Satya Wacana, And Jl Diponegoro Salatiga. N.D. “Penerpan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa.â€

Studi, Program, And Pendidikan Matematika. 2016. “Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah.†6(2):149–60.

Wafiqni, Nafia, And Fanny Mestyana Putri. 2021. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall Dalam Pembelajaran Daring ( Online ) Matematika Pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1.†1(1):68–83.

Diterbitkan

2025-07-26

Terbitan

Bagian

Articles