PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN (AIR) AUDITORY, INTELECTUALLY, REPETITION BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Authors

  • Dian Triana Sari Universitas Asahan
  • Oktaviana Nirmala Purba

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan media wordwall terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas XI MA Pesantren Modren Daar Al Uluum Kisaran tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MA Pesantren Modren Daar Al Uluum Kisaran. Dua kelas dipilih secara purposive sampling untuk dijadikan sampel penelitian. Kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menerapkan model Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan media wordwall sedangkan kelas XI IPS-1 kelas kontrol diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa skor kemampuan pemecahan masalah matematika yang dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan data kemampuan pemecahan masalah matematika yang telah diperoleh, diketahui bahwa rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas eksperimen (83) dari kelas kontrol (68,36) . Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai thitung = 6,744365 > ttabel = 2,010635. maka ditolak dan diterima. Kemudian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran dengan model Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) berbantuan media wordwall terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik.  Kata Kunci: Model Pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR), Wordwall, Kemampuan Pemecahan masalah matematika  

References

A Kariyati & I Kusumaningrum. (2021). Development of the Wordwall Game for Learning Mandarin Vocabulary for Grade Vi Elementary School. International Journal Of Educational Dynamics, 4(1), 101–107. http://ijeds.ppj.unp.ac.id/index.php/IJEDS/article/view/399/225

.pdf

Elisa, L., Hadiyanto, & Fitria, Y. (2019). Application Oflearning Model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) To Increase Student Activity And Learning Outcomes In 2013 Curriculum Integrated Thematic Learning In Class IV SDN 06 Hand Of Padang. International Journal of Educational Dynamics, 1(2), 156–162.

Eva Margaretha Saragih, Nova Eliza Silaen, & Dewi Astuti. (2022). Pengaruh Pembelajaran Dengan Media Komik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Kisaran. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 332–340. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.608

Handayani, S. ; E. M. S. (2020). Jurnal MATEMATICS PAEDAGOGIC. Jurnal Matematics Paedagogic, VII(2), 146–157.

Hidayati, N. A., & Darmuki, A. (2021). Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mahasiswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 252–259. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.959

Rahma, T. T., & Sutami, S. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Realistik dengan Langkah Polya Pada Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1416–1426. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2406

Rambe Fauza, A., & Afri, D. L. (2020). Issn 2087-8249 e-issn 2580-0450. Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 09(2), 175–187.

Risma Handayani, N. P., & Surya Abadi, I. B. G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 25(1), 120. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24767

Saleh, M., & Syahfitri, D. (2023). 3 1,2,3. 3, 123–132.

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Bagi Guru-Guru Sdit Al-Kahfi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4112

Setiawaty, S., Rezkia Lukman, I., Imanda, R., & Putra, R. (2023). Development of Android-based Chemistry Learning Media Integrated AIR Model. Proceedings of Malikussaleh International Conference on Multidisciplinary Studies (MICoMS), 3, 00013. https://doi.org/10.29103/micoms.v3i.172

Siregar, M. S., Siregar, E. Y., & Elindra, R. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di Pesantren Nurul Falah Panompuan. JURNAL. MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1), 39–44.

Sofyan, Y., Sumarni, S., & Riyadi, M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 129–142.

Syahid, L., Djabba, R., & Mukhlisa, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Barru. Pinisi Journal of Education, 1(2), 2189–2198.

Padang. Manazhim, 4(2), 491–504. https://doi.org/10.36088/manazhim.v4i2.1996

Downloads

Published

2025-07-26

Issue

Section

Articles