PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan dan menghasilkan Bahan Ajar berbasis Realistic Mathematics Education berbantuan aplikasi Geogebra pada materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku siku terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X SMA Negeri 1 Air Joman. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D (Research & Development) dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Hasil penelitian ini adalah Bahan Ajar berbasis Realistic Mathematics Education pada materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku siku. Berdasarkan uji kevalidan dilihat dari hasil penilaian oleh validator yakni 2 dosen ahli dan 1 guru matematika dengan kategori sangat valid. Sedangkan uji kepraktisan yang dilakukan melalui angket respon guru dan angket respon siswa dengan kategori praktis, dan untuk uji keefektifan melalui tes kemampuan komunikasi matematis siswa dengan kategori sangat efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Bahan Ajar berbasis Realistic Mathematics Education berbantuan aplikasi Geogebra pada materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku siku terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X SMA Negeri 1 Air Joman valid, praktis, dan efektif.
Referensi
Hasan, F., Pomalato, S. W. D., & Uno, H. B. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 13–20. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.4547
Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 7(1), 9. https://doi.org/10.12928/admathedu.v7i1.7397
La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021
Liska, Penerapan, Realistic, P., Education, M., Meningkatkan, U., Belajar, H., Siswa, M., Kecamatan, L., Kabupaten, L., Liska, S., Mahasiswa, Z., Fakultas, P., Pendidikan, I., Negeri, U., Email, M., Kecamatan, L., Kabupaten, L., Education, R. M., Kecamatan, L., … Education, R. M. (n.d.). Liska Zhafirah: Realistic Mathematics Education (RME) 1. 1–11.
Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Nurhasanah, R. A., Waluya, S. B., & Kharisudin, I. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 2017, 769–775.
Priscila Ritonga, A., Putri Andini, N., Iklmah, L., & Pendidikan Guru, J. (2022). Pengembangan Bahan Ajaran Media. Jurnal Multidisiplin Dehasen, 1(3), 343–348.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.
Rahmadani, E. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Донну, 5(December), 118–138.
Sugiyanti. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Membuat Skets Grafik Fungsi Aljabar Sederhana Pada Sistem Koordinat Kartesius Melalui. Edunomika, 02(01), 175–186. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie/article/view/195