ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL DAN GENDER DI UPTD SMPN 1 PULO BANDRING
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang ditinjau dari kemampuan awal dan gender siswa kelas VIII UPTD SMPN 1 Pulo Bandring Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan perolehan data menggunakan data kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII UPTD SMPN 1 Pulo Bandring. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah siswa yang memiliki kemampuan awal kategori rendah berjumlah 22 orang atau sebanyak 29%. Sedangkan siswa yang memiliki kemampuan awal kategori sedang berjumlah 33 orang atau sebanyak 43%. Adapun siswa yang memiliki kemampuan awal kategori tinggi yaitu berjumlah 21 orang atau sebanyak 28%. Setelah itu, dapat diketahui jumlah siswa yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis matematis kategori rendah yaitu siswa perempuan sebanyak 13,2%. Adapun siswa yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis matematis kategori sedang adalah siswa laki-laki sebanyak 28,95%. Sedangkan siswa yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis matematis kategori tinggi adalah siswa perempuan yaitu sebanyak 17,05%. Selanjutnya peneliti mengharapkan adanya penelitian lebih lanjut mengenai analisis kemampuan berpikir kritis matematika siswa, yaitu lebih tepatnya pada analisis kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang ditinjau dari gaya belajar.
Kata Kunci : Berpikir Kritis, Kemampuan Awal, Gender