PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBANTUAN WIZER.ME TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Treffinger berbantuan wizer.me terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model Treffinger berbantuan wizer.me dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Analisis data dilakukan dengan uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai thitung_{hitung}hitung > ttabel_{tabel}tabel (3,037 > 1,669), yang berarti H₀ ditolak dan H₁ diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Treffinger berbantuan wizer.me terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Model ini efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Selain itu, penggunaan media wizer.me memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan, yang mendorong partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan penerapan model Treffinger berbantuan media digital sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran matematika.