PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA MATEMATIKA BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS

Authors

  • Sintia Ariska Universitas Asahan
  • Eva Margartha Saragih

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul berbasis guided inquiry berbantuan video pembelajaran ditinjau dari kemampuan berpikir kritis matematis yang ditujukan untuk siswa kelas VII UPTD SMP Negeri 1 Aek Kuasan Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4D (Four D Model). Model 4D (Four D Model terdiri dari empat tahap diantaranya adalah Pendefenisian(Define), perancangan (Design),Pengembangan (Development), Penyebaran (Disseminate). Populasi dalam penlitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-2 UPTD SMP Negeri 1 Aek Kuasan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dilihat dari kriteria kevalidan, keefektifan dan kepraktisan. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwa modul dinyatakan layak melalui validasi para ahli, angket respon guru, angket respon siswa. Hasil uji coba mencapai skor rata-rata akhir sebesar  dengan kategori sangat praktis dan hasil uji coba kepraktisan angket respon guru dengan persentase seluruh aspek sebesar 90% dengan kategori sangat praktis.

Downloads

Published

2025-07-26

Issue

Section

Articles