PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBANTUAN APLIKASI CANVA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangam media pembelajaran audio visual berbantuan aplikasi canva ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang diambil ialah pengembangan dengan model 4D. Populasi yang dalam penenilian ini ialah siswa kelas VIII-4 UPTD SMPN 5 Kisaran yang berjumlah 31 orang. Hasil dari analisis kevalidan media pembelajran memiliki persentase 90,83% dengan kategori sangat valid. Hasil dari analisis kepraktisan media pembelajaran yang diperoleh dari angket guru memiliki persentase 100% dengan kategori sangat praktis, dan angket peserta didik 83,43% dengan kategori sangat praktis. Hasil dari analisis keefektifan media yang diperoleh dari tes kemampuan berpikir kreatif matematis memiliki persentase 87,10% dengan kategori sangat praktis. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa pengembangan media pembelajaran audio visual berbantuan aplikasi canva ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis terbukti valid, praktis, dan efektif.
Kata kunci: Canva, Media Pembelajaran, Audio Visual