pengaruh model pembelajaran Think talk Write (TTW) dengan aplikasi Genially terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 6 Tanjungbalai Tahun Ajaran 2023/2024

Penulis

  • rika amelia rika amelia
  • Dewi Astuti

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan aplikasi Genially terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa di SMA Negeri 6 Tanjungbalai Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian ada 2 kelas (kelas X-1 dan X-5) yang diambil secara purposive sampling. Pada kelas X-1 sebagai kelas eksperimen menggunakan metode Think Talk Write (TTW) dengan aplikasi Genially dan pada kelas X-5 sebagai kelas kontrol dengan metode pembelajaran langsung. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh posttest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 80,8 dan kelas kontrol 76,4. Hasil uji t diperoleh =  maka  diterima yang mana terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan aplikasi Genially terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa di SMA Negeri 6 Tanjungbalai.

Referensi

Arikunto, P. D. S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan: Edisi 2. Jakarta : Bumi Aksara.

Astuti, D., & Syahfitri, E. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sma Melalui Pembelajaran Berbasis Otak. Matematika (SNPM), 48–54.

http://www.fkipunswagati.ac.id/ejournal/index.php/snpm/article/view/845%0Ahttp://www.fkipunswagati.ac.id/ejournal/index.php/snpm/article/download/845/418

Dick, T. P., & Hollebrands, K. F. (2011). Focus in High School Mathematics: Technology to Support Reasoning an Sense Making. Nctm, 1–123.

Enstein, J., Bulu, V. R., & Nahak, R. L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Bilangan Pangkat dan Akar menggunakan Genially. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(01), 101–109. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i01.150

Isrok’atun, & Amelia, R. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta : Bumi Aksara.

Kusumawardani, N. N., Rusijono, R., & Dewi, U. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2), 1416–1427. https://doi.org/10.58258/jime.v8i2.3217

Putri, A. P., Isnaniah, Rusdi, & Rahmi, U. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write ( TTW ) terhadap Kemampuan berpikir kritis Matematika Siswa. Intelektium, 5(2), 374–381. https://doi.org/10.37010/int.v3i2.1080

Putri, Firduansyah, D., & Aswarliansyah. (2023). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Berbasis Aplikasi Genially dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV. Ipar: Ilmu Pendidikan Dasar, Vol.1, No.(1), 39–49.

Risma Handayani, N. P., & Surya Abadi, I. B. G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 25(1), 120. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24767

Sani, L. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Al-Ta’dib, 11(2), 1–18.

Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan:Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suryadi, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia Materi Minyak Bumi di Kelas X MIA-3 Semester I SMAN 1 Sanggar Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2(1), 44–55. https://doi.org/10.53299/jppi.v2i1.168

Syafitri, E., Saragih, S., Napitupulu, E. E., Rahmadani, E., Astuti, D., Keguruan, F., Pendidikan, I., Asahan, U., Jendral, J., & Yani, A. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Spltv Melalui Pbl Berbasis Stem. Jurnal Matematics Paedagogic, 6(2), 131–142.

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281

Zhafirah, L., Agustan, & Saleh, S. F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis, Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. Wikipedia, 9, 565–573. https://id.wikipedia.org/wiki/Sang_Pencerah#/media/Berkas:Sang_Pencerah.jpg

Diterbitkan

2025-01-04

Terbitan

Bagian

Articles