SOSIALISASI PENGENALAN DAN PELUANG PASAR EKSPOR GUNA MENGOPTIMALKAN POTENSI DESA PRAPAT JANJI
Abstrak
Desa Prapat Janji memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah, terutama dari sektor pertanian, perkebunan, dan peternakan. Namun kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai prosedur dan peluang pasar ekspor telah membatasi permanfaatan potensi ini dalam perdagangan international. Kegiatan yang dilakukan mengenai pengenalan dan peluang pasar ekspor guna mengoptimalkan potensi desa. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali masyarakat dengan pengetahuan dasar tentang ekspor, membuka wawasan, serta memotivasi masyarakat untuk memanfaatkan potensi lokal sebagai sumber pendapatan. Dengan memanfaatkan teknologi digital dan media sosial sebagai sumber informasi pasar global. Hasil dari sosialisasi ini menunjukan antusiasme masyarakat dalam eksplorasi peluang pasar ekspor, terutama komoditas seperti daun pisang dan daun salam yang memiliki permintaan tinggi di luar negeri. Melalui Upaya ini, diharapkan Desa Prapat Janji dapat meningkatkan perekonomian desa dan memberdayakan masyarakat lokal untuk bersaing dipasar global, sehingga menciptakan sumber penghasilan baru.
Â
Kata Kunci: Potensi, Peluang, Desa Prapat JanjiReferensi
As’ad, I., Ashar, J. R., & Dewi, R. (2023). Pemanfaatan Limbah Sabuk Kelapa Menjadi Produk Berdaya Saing Ekspor Pada Kelompok Tani Cocoherlang Bulukumba. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 9521–9525. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/19835%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/download/19835/14834
Azizah, K. N., & Amrullah, R. (2024). Neraca PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA PEMASARAN DALAM MENDUKUNG POTENSI EKSPOR PRODUK. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 178–188.
Elizabeth, R., EM, G. I., & Ivan, G. S. (2021). Akselerasi Industrialisasi Perdesaan Inovatif Dan Kelembagaan Pertanian Mewujudkan Kesejahteraan Petani. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 7(2), 1710. https://doi.org/10.25157/ma.v7i2.5564
Elvianti, W. (2022). Sosialisasi Rempah Sebagai Komoditas Ekspor Rempah Melalui Media Sosial. Jurnal Abdimas Adpi Sosial Dan Humaniora, 3(2), 329–338. https://doi.org/10.47841/jsoshum.v3i2.196
Hendi Prihanto, Usmar Usmar, Selfiani Selfiani, Yudistira Adwimurti, & Sismiati Sismiati. (2024). Edukasi Dan Sosialisasi Ekspor Dan Impor Pada Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif dan PKK di Depok Jawa Barat. Ekspresi : Publikasi Kegiatan Pengabdian Indonesia, 1(1), 18–23. https://doi.org/10.62383/ekspresi.v1i1.69
Mustaruddin, & Mirnawati. (2007). Analisis Potensi Ekspor Produk Pertanian di Indonesia. MBIC-Journal Confrence, 4(1), 411–423. https://doi.org/10.1007/978-3-540-44902-7_2
Nuraeni, Y. (2018). Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Agroindustri Melalui Program Desa Migran Produktif (Desmigratif) Dalam Rangka Perluasan Kesempatan Kerja. Jurnal Akuntansi Manajerial, 3(1), 42–53.
Rahman Tsani, R., Kelautan, L., Muhammad Mauluddin, F., Christian Hotlan Tinambunan, R., & Fajar Maulani, S. (2022). ANALISIS KUALITAS PRODUK ARANG BRIKET PADA KEBUTUHAN PASAR EKSPOR DI TIMUR TENGAH DAN EROPA PADA PT. NUDIRA SUMBER DAYA INDONESIA Oleh. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(3), 1214–1224.
Shopiana, S. (2019). Strategi Bauran Pemasaran Rumput Laut Gracillaria pada CV Simpul Agro Globalindo Makassar. Jurnal Brand, 1(2), 1–9.
Susanti, L., Kholidah, N., & Rosanti, C. (2023). Responding the Global Challenge With Export. In Prosiding University Research Colloquium.