TEKNIK PEMBENIHAN IKAN NILA (Oreochromis Niloticus) DI PUSAT PEMBENIHAN IKAN KERASAAN UPT BUDIDAYA IKAN AIR PAYAU DAN LAUT DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN PROVINSI SUMATERA UTARA

Diah Ayu Ningsih, Azizah Mahary ,, Dodianto Dodianto ,, Meslan Meslan ,

Abstract


Ikan nila (Oreochromis Niloticus) merupakan komoditas air tawar yang banyak dibudidayakan di Indonesia karena mempunyai kelebihan salah satunya adalah dapat bereproduksi pada kondisi terkontrol, pertumbuhan yang relatif cepat, mempunyai kandungan protein yang tinggi. Salah satu kegiatan budidaya perikanan adalah pemijahan. Pemijahan merupakan proses perkawinan antara induk jantan dan induk betina. Pemijahan ikan nila terbagi dua yaitu pemijahan alami dan pemijahan buatan. Pemijahan alami pada ikan nila biasanya dilakukan pada musim kemarau. Pemijahan buatan merupakan pemijahan yang dilakukan dengan bantuan hormon yang diberikan pada tubuh ikan betina untuk mempercepat pembuahan. Penelitian ini dilakukan pada 08 Agustus sampai 08 September 2022 bertempat di Pusat Pembenihan Ikan Kerasaan UPT Budidaya Ikan Air Laut Dan Payau Provinsi Sumatera Utara. Metode kerja yang digunakan adalah metode partisipasi aktif dengan pengumpulan data meliputi data primer berupa observasi, wawancara, dan partisipasi aktif. Data sekunder didapat melalui studi pustaka untuk melengkapi data yang dikumpulkan. Alat yang digunakan dalam penelitian adalah hapa benih, serokan, cangkul, kayu, saringan  filter air, timbangan, aerator, wadah penetasan, pH meter, termoneter, Do meter. Bahan yang digunakan adalah induk ikan nila, pakan pellet. Parameter kualitas air yang di amati selama penelitian adalah suhu, DO, dan pH dikolam pemjahan, kolam pendederan.


Full Text:

PDF

References


Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT Jambi). 2020. Peluang Usaha Pembenihan Gurami (Osphronemus gouramy). Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya KKP

Cahyanurani A. B dan Putra A. F. T. 2022. Performa Produksi Benih Gurami (Osphronemus gouramy) Dengan Pemijahan Alami. Jurnal Mahseer, Vol 4 No 2: Hal 01-08

Cahyono I. 2021. Pengaruh Oocyte Develover Terhadap Fekunditas Dan Daya Tetas Telur Pada Pemijahan Ikan Nila (Oreochromis Niloticus). Lutjanus. Vol. 26 (2): 45-51.

Panggabean, B.A. 2009. Budidaya Ikan Nila (Oreochromis Niloticus). Departemen Kehutanan. Fakultas Pertanian. Sumatera utara. Hal 2;3;12-14.

Pramleonita, M., Yuliani, N., Arizal, R., & Wardoyo,S. E. (2018). Parameter fisika dan kimia air kolam ikan nila hitam (Oreochromis Niloticus). Jurnal Sains Natural, 8 (1), 24-34.

Putra, I dan N, A, Pamungkas. 2013. Pemeliharaan Ikan Selais dengan Resirkulasi Sistem Aqua Ponik. Jurnal Perikanan dan Kelautan. 16 (1): 125-131.

Rimalia A. Dan Kisworo Y. 2019. Optimasi daya tetas telur ikan gurami dengan pengontrolan suhu air. EnviroScienteae Vol. 15 No. 3: 334-340.

Saparinto,C & Susiana, R. 2013. Sukses Pembenihan 6 Jenis Ikan Air Tawar Ekonomis. Yogyakarta: Lily Publisher.

Setiawan A. 2017. Manajemen Pembenihan Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi, Jawa Barat. Jurnal Perikanan. 3(1):15-123.

Sutarjo, G. A. 2015. Pengaruh konsentrasi sukrosa dengan krioprotektan dimethyl sulfoxide terhadap kualitas telur ikan mas (Cyprinus carpio linn.) pada proses kriopreservasi. Jurnal Gamma, 9(2):20-30.

Suyanto, 2003. Pembenihan Dengan Pembesaran Nila. Penebar Swadaya. Jakarta. 105.

Sumarni. 2018. Penerapan Fungsi Manajemen Perencanaan Pembenihan Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) Untuk Menghasilkan Benih Ikan Yang Berkualitas. Jurnal Galung Tropika. 7(3):175-183).

Tarigan, A. 2017. Aspek Biologi Reproduksi Ikan Selar Kuning (Selariodes leptolepis) di Perairan Selat Malaka Kecamatan Medan Belawan Provinsi Sumatera Utara. Skripsi. Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan. Fakultas Pertanian. Universitas Sumatera Utara.

Tiani, Narayana Y. 2018. Teknik Pemeliharaan Larva Ikan Nila Genetically Male Tilapia GMT (Orechromis Niloticus) di Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi, Jawa Barat. Jurnal Pengetahuan dan Teknologi. 1(2):52-62.