IMPLIKASI DARI FONOLOGI UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA KEDUA

Rina Hayati Maulidiah, Sri Rahma Dewi Saragih

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui  implikasi dari fonologi untuk pembelajaran bahasa, diantaranya adalah Apa peran pengetahuan fonologis dan fonemik dalam belajar membaca atau belajar bahasa kedua? Meningkatkan kesadaran fonologis merupakan salah satu pelatihan persiapan membaca dalam pembelajaran bahasa. Sedangkan pembelajaran bahasa adalah sebuah kesengajaan dalam mempelajari bahasa dalam ruang dan waktu tertentu dalam suasana formal di sekolah dan melibatkan orang disekitarnya. Objek dalam penelitian ini adalah anak berumur 4 tahun 6 bulan yang bernama Daffa Arkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pembelajaran bahasa kedua merupakan sebuah usaha sadar yang dilakukan untuk mendapatkan pembelajaran yang terencana dan hasil dari situasi pembelajaran formal di sekolah untuk meraih sebuah prestasi. Oleh karena itu kesadaran fonologis dalam pembelajaran bahasa memiliki peranan yang sangat penting untuk untuk meningkatkan kemampuan membaca, sehingga bunyi-bunyi bahasa yang dihasilkan anak bisa dimengerti dan dipahami maknanya.

Kata kunci: Implikasi, Fonologi, dan Pembelajaran Bahasa


Full Text:

PDF

References


Agus M. Hardjana. 2003. Komunikasi intrapersonal & Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Penerbit Kanisius

Agus, Setiawan.2006. Pengantar Statistika, Graha Ilmu, Yogyakarta

Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta

Dhieni, Nurbiana. 2007. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Muriel Saville - Troike. 2005.Introducing Second Language Acquisition, New York: Cambridge University.

Verhaar, J.W.M. 1984. Pengantar Linguistik. Yogyakarta: Gajah Mada University


Refbacks

  • There are currently no refbacks.