IMPLIKASI DARI FONOLOGI UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA KEDUA
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui implikasi dari fonologi untuk pembelajaran bahasa, diantaranya adalah Apa peran pengetahuan fonologis dan fonemik dalam belajar membaca atau belajar bahasa kedua? Meningkatkan kesadaran fonologis merupakan salah satu pelatihan persiapan membaca dalam pembelajaran bahasa. Sedangkan pembelajaran bahasa adalah sebuah kesengajaan dalam mempelajari bahasa dalam ruang dan waktu tertentu dalam suasana formal di sekolah dan melibatkan orang disekitarnya. Objek dalam penelitian ini adalah anak berumur 4 tahun 6 bulan yang bernama Daffa Arkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pembelajaran bahasa kedua merupakan sebuah usaha sadar yang dilakukan untuk mendapatkan pembelajaran yang terencana dan hasil dari situasi pembelajaran formal di sekolah untuk meraih sebuah prestasi. Oleh karena itu kesadaran fonologis dalam pembelajaran bahasa memiliki peranan yang sangat penting untuk untuk meningkatkan kemampuan membaca, sehingga bunyi-bunyi bahasa yang dihasilkan anak bisa dimengerti dan dipahami maknanya.
Kata kunci: Implikasi, Fonologi, dan Pembelajaran Bahasa
Full Text:
PDFReferences
Agus M. Hardjana. 2003. Komunikasi intrapersonal & Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Penerbit Kanisius
Agus, Setiawan.2006. Pengantar Statistika, Graha Ilmu, Yogyakarta
Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta
Dhieni, Nurbiana. 2007. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Muriel Saville - Troike. 2005.Introducing Second Language Acquisition, New York: Cambridge University.
Verhaar, J.W.M. 1984. Pengantar Linguistik. Yogyakarta: Gajah Mada University
Refbacks
- There are currently no refbacks.