ANALISIS FAKTOR KESULITAN MAHASISWA IPTS DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL TOEFL
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor kesulitan mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di IPTS (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan) dalam menyelesaikan soal –soal TOEFL. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah descriptive kualitatif dengan 40 mahasiswa sebagai sampel dan mereka diambil dengan menggunakan purposive sampling dari 96 mahasiswa. Selanjutnya wawancara dilakukan sebagai alat pengumpil data. Hasil penelitian menunjukkan ada 4 faktor utama yang menyebabkan mahasiswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal TOEFL, yaitu kurangnya time management, kurang latihan, kurangnya penguasaan kosa kata, dan adanya perbedaan pengucapan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
Kata kunci: TOEFL, faktor kesulitan
Full Text:
PDFReferences
Akbarian dan Alavi. (2016). The Role of Vocabulary Size in Predicting Performance on TOEFL Reading Item Types. Diakses pada 6 Agustus 2019 pada https://www.researchgate.net/publication/257170772_The_role_of_vocabulary_size_in_predicting_performance_on_TOEFL_reading_item_types
Bachman dan Palmer. (2016). Language testing in practice. Oxford University Press.
Brown, H.D. 2010. Principles and Classroom practices. An Approach to Language Assessment. (2 nd . Ed.). White Plains, New York : Pearson Education.
Clark, Nick. (2014). Testing English as A Foreign Language for University Admissions. Retrieved. Diakses pada 5 Agustus 2019 dari http://wenr.wes.org/2014/10/testing-english-as-a-foreign-languagefor-university-admissions.
David. (2016). Investigating the Relationship Between Vocabulary Knowledge and Academic Reading Performance: An Assessment Perspective. Diakses pada 6 Agustus 2019 dari https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/1467-9922.00193
Halim, Nurfitriyah. (2014). Cultural Bias in TOEFL Encountered by Native Indonesian Speakers. Renaissance Journal of English Education, Literature and Linguistics. Volime 1, No. 1, 97-111. Diakses pada 1 Agustus 2019 dari https://www.researchgate.net/publication/330393099_DIFFICULTIES_FACED_BY_THE_STUDENTS_IN_ANSWERING_TOEFL_TEST_QUESTIONS
Hamouda, A. (2015). An Investigation of Listening Comprehension Problems Encountered by Saudi Students in the EL Listening Classroom. Diakses pada 4 Agustus 2019,
dari hrmars.com/admin/pics/1882.pdf
Ibrahim, Engku Haliza Engku. (2016). The Relationship between Vocabulary Size and Reading Comprehension of ESL Learners. Diakses pada 4 Agustus 2019 dari
https:// files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1095578.pdf
Is’haaq, Akbarian. (2011). Comparing the Contribution of Vocabulary Breadth to IELTS and TOEFL Reading Subtests, Porta Linguarum, Diakses pada 5Agustus 2019 dari https://dialnet.unirioja.es/descarga/ articulo/4597488.pdf
Kartikasari, Heni, 2014. Analisis Regresi Multivariat Terhadap Penilian Listening, Structure, dan Reading pada Nilai Test EFL Mahasiswa ITS, http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/download/8111/2020
Kurniawati, Dewi. (2015). Studi Tentang Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Menyimak Bahasa Inggris pada Mahasiswa Semester III PBI IAIN Raden Intan Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016.Diakses pada 5 Agustus 2019, dari https://media.neliti.com/media/ publications/61184-ID-none.pdf
Mahmud, Murni. (2014). The EFL Students’ Problems in Answering the Test of English as a Foreign Language (TOEFL). Diakses pada 5 Agustus 2019 pada https://www.researchgate.net/publication/276248420_The_EFL_Students'_Problems_in_Answering_the_Test_of_English_as_a_Foreign_Language_TOEFL_A_Study_in_Indonesian_Context
Nadig, A. (2015). Listening Comprehension. Encyclopedia of Autism Spectrum Disorders, 1743. Diakses pada 5 Agustus 2019 dari https://www.researchgate.net/publication/278689045_Encyclopedia_of_Autism_Spectrum_Disorders
Woolley, G. 2011, Reading Comprehension: Assisting Children with Learning Difficulties,Springer Science. Business Media B.V.
Refbacks
- There are currently no refbacks.