MEDIA E-MODUL DAN CAMTASIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Tanjung Balai, Sumatera Utara pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian adalah guru di SMA Negeri 2 Tanjung Balai yang berjumlah 50 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun langkah-langkah yang dilakukan adalah (1) pengumpulan data berupa hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan e-modul dan camtasia video yang telah dibuat oleh guru mata pelajaran; (2) reduksi data berupa informasi tambahan dengan wanwancara guru mengenai pembuatan dan penggunaan e-modul dan camtasia video; (3) penyajian data berupa menyajikan hasil e-modul dan camtasia video dan hasil belajar siswa setelah penggunaan media e-modul dan camtasia video; (4) penarikan kesimpulan berupa apakah media e-modul dan camtasia video dapat meningkatkan kompetensi profesional guru. Hasil yang didapatkan bahwa media e-modul dan camtasia video dapat meningkatkan kompetensi profesional guru.
Kata kunci: Kompetensi Profesional Guru, Media E-Modul, Camtasia Video
Full Text:
PDFReferences
Munir. 2010. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta
UU Guru dan Dosen No.14 Tahun 2005. (online) tersedia pada sa.itb.ac.id/Ketentuan%20Lain/UUNo142005(Guru%20&%20Dosen).pdf. Akses 09 Mei 2019
PP NO.74 Tahun 2008 Tentang Guru. (online) tersedia pada www.paudni.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/.../PPNo74th2008.pd. Akses 09 Mei 2019
Nasution, S. (2003). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Utomo, Tjipto. (1991). Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
H.B. Sutopo. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Suparman, Atwi. (2001). Kawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Program Pascasarjana UNJ.
Sutrisno. (2011). Pengantar Pembelajaran Inovatif
.
Refbacks
- There are currently no refbacks.