MEDIA E-MODUL DAN CAMTASIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU

Dian Anggraini Harahap, Wan Nurul Atikah Nasution, Susi Masniari Nasution

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Tanjung Balai, Sumatera Utara pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian adalah guru di SMA Negeri 2 Tanjung Balai  yang berjumlah 50 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun langkah-langkah yang dilakukan adalah (1) pengumpulan data berupa hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan e-modul dan camtasia video yang telah dibuat oleh guru mata pelajaran; (2) reduksi data berupa informasi tambahan dengan wanwancara guru mengenai pembuatan dan penggunaan e-modul dan camtasia video; (3) penyajian data berupa menyajikan hasil e-modul dan camtasia video dan hasil belajar siswa setelah penggunaan media e-modul dan camtasia video; (4) penarikan kesimpulan berupa apakah media e-modul dan camtasia video dapat meningkatkan kompetensi profesional guru. Hasil yang didapatkan bahwa media e-modul dan camtasia video dapat meningkatkan kompetensi profesional guru.

 

Kata kunci: Kompetensi Profesional Guru, Media E-Modul, Camtasia Video


Full Text:

PDF

References


Munir. 2010. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta

UU Guru dan Dosen No.14 Tahun 2005. (online) tersedia pada sa.itb.ac.id/Ketentuan%20Lain/UUNo142005(Guru%20&%20Dosen).pdf‎. Akses 09 Mei 2019

PP NO.74 Tahun 2008 Tentang Guru. (online) tersedia pada www.paudni.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/.../PPNo74th2008.pd. Akses 09 Mei 2019

Nasution, S. (2003). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Utomo, Tjipto. (1991). Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

H.B. Sutopo. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Suparman, Atwi. (2001). Kawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Program Pascasarjana UNJ.

Sutrisno. (2011). Pengantar Pembelajaran Inovatif

.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.